Menyikapi Problem Dalam Penyaluran Dana BOS, Ini Kata Kadis P&K Kabupaten Sukabumi

oleh -
Menyikapi Problem Dalam Penyaluran Dana BOS, Ini Kata Kadis P&K Kabupaten Sukabumi

Wartawan Wahyu Humaedi

Sukabumionline.net, Sukabumi- Sejumlah hal yang menjadi catatan terkait penyaluran dana secara langsung ke sekolah, mekanisme termin penyaluran dana, perluasan penggunaan dana, serta transparansi dari penggunaan dana BOS.

banner 970x90

Dana BOS merupakan pendanaan biaya operasional bagi sekolah yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) nonfisik. Berdasarkan valuasi yang ada, Kemendikbud dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengubah sejumlah ketentuan dalam pemberian dana BOS agar lebih efisien dan tepat sasaran dalam penyalurannya.

Kebijakan itu diambil untuk menyikapi problem dalam penyaluran dana BOS selama ini, seperti keterlambatan masuknya dana ke sekolah, hingga terbatasnya kemampuan sekolah dalam mensejahterakan guru honorer, maupun membiayai tenaga kependidikan.

Seperti dikatakan Kepala Dinas Kabupaten Sukabumi, untuk dana BOS 2022 itu sudah cair dan dana sudah masuk rekening sekolah, ditransfer langsung dari pusat. Dengan kebijakan ini, dana lebih cepat masuk ke rekening, sehingga sekolah dapat langsung mengelola anggaran terutama untuk pembayaran guru honorer yang lebih tepat waktu,” Ucapnya singkat, saat dihubungi melalui saluran telepon, Sabtu (22/10/2022). (*)

Print Friendly, PDF & Email