Pasca Perbaikan Dua Titik, Daerah Irigasi Cibalung Caringin, Bisa Dirasakan Masyarakat di Lima Desa

oleh -
Pasca Perbaikan Dua Titik, Daerah Irigasi Cibalung Caringin, Bisa Dirasakan Masyarakat di Lima Desa

Wartawan Wahyu Humaedi

Sukabumionline.net, Sukabumi- Para pengguna yang tadinya sulit mendapatkan pasokan air dari Daerah Irigasi (DI) Cibalung yang awalnya hanya bisa mengairi empat Desa antara Desa Kuta Sirna, Kecamatan Cisaat, dan Desa Caringin Wetan juga Desa Caringin Kulon Kecamatan Caringin.

banner 970x90

Terjawab sudah, harapan warga masyarakat pengguna air, di lima Desa di dua Kecamatan setelah adanya dua titik perbaikan di saluran Daerah Irigasi Cibalung yang berada di Desa Talaga Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi.

Dari pasca perbaikan tersebut, saat ini sudah bisa mengairi sampai ke lima desa lintas Kecamatan, hingga ke Desa Lembur Sawah dan Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Sukabumi, hal itu disampaikan Adul Ketua P3 Mitra Cai Cibalung, Kamis (05/10/2022).

Daerah Irigasi Cibalung salah satu saluran air yang menjadi dambaan warga di lima desa, dan sebagai sumber kehidupan sehari-hari dalam bercocok tanam, dengan adanya perbaikan normalisasi, penguras dan TPT, disaluran rersebut, terasa ada manfaat kepada para pengguna air.

Abah Ujang (ulu-ulu) Desa Cisande, mengatakan “Alhamdulilah pasokan air dari Derah Irigasi Cibalung Talaga Caringin, sekarang sudah sampai ke dua Desa yang berada di Kecamatan Cicantayan, dan bisa dipergunakan sesuai kebutuhan dalam kesehariannya, “Haturnuhun ka Pamarentah anu tos merhatikeun para petani ucap Abah Ujang dengan logat sundanya di lokasi Desa Cisande Cicantayan Sukabumi”.

Sementara, menurut Moch. Rifky, Petugas Operasi Pemeliharaan Sumber Daya Air POPSDA, Wilayah Dua Cibadak, membenarkan, setelah Daerah Irigasi Cibalung, adanya perbaikan melalui normalisasi dan perbikan TPT, arus air sekarang bisa sampai lintas Kecamatan, yaitu sampai ke Desa Cisande dan Desa Lembur Sawah Kecamatan Cicantayan, ” Alhamdulilah pasca perbaikan di daerah irigasi Cibalung sangat bermanfaat dan bisa dirasakan oleh msyarakat” ucapnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email