HUT Bhayangkara Ke-76 Polres Sukabumi Dan LSM Dampal Jurig Bagikan 7.600 Pohon Secara Gratis

oleh -
LSM Dampal Jurig dan Polres Sukabumi Kota kembali membagikan 7.600 pohon secara gratis kepada masyarakat pada acara HUT Bhayangkara ke-76 yang dimotori salah satu organisasi pendukung Lembaga Swadaya Masyarakat Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung LSM Dampal Jurig Jabar

Wartawan Wahyu Humaedi

Sukabumionline.net, Sukabumi- LSM Dampal Jurig dan Polres Sukabumi Kota kembali membagikan 7.600 pohon secara gratis kepada masyarakat pada acara HUT Bhayangkara ke-76 yang dimotori salah satu organisasi pendukung Lembaga Swadaya Masyarakat Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung LSM Dampal Jurig Jabar.

banner 970x90

Salah satu lembaga yang konsen dalam hal penyelamatan lingkungan hidup dan konservasi alam itu, bekerjasama dengan Bapak Drs. H. Marwan Hamami, M.M., Bupati Sukabumi yang sekaligus Ketua Dewan Penasehat pada LSM Dampal Jurig Jabar.

Pihak Kepolisian Republik Indonesia Sukabumi Kota Kabupaten umumnya, Khususnya Polsek Kadudampit mengisi kegiatan, dalam HUT Bhayangkara ke-76 diisi dengan berbagai kegiatan bakti lingkungan hidup dan konservasi alam salah satunya penanaman pohon di sekitar bawah kaki gunung gede dan bagi-bagi pohon gratis sebanyak 7.600 pohon untuk warga masyarakat di sembilan Desa se-Kecamatan Kadudampit.

Irvan Azis, Ketua LSM Dampal Jurig Jabar menjelaskan, dipilihnya angka 7.600 pohon, jumlah yang dibagikan secara gratis untuk warga masyarakat bertepatan acara HUT Bhayangkara Polri yang sedang berulang tahun ke-76 tahun.

Adapun jenis pohon yang dibagikan menurut Azis, adalah dari berbagai jenis, sebagai pohon konservasi diantaranya ekaliptus, sengon, albasiah, jati, dan untuk jenis pohon produktif buah-buahan seperti duren, jengkol, sirsak, jambu biji, alpukat, nangka d.l.l yang mana untuk pengadaan bibit pohon kerjasama dengan BPDASHL -KLHK Rai Citarum Ciliwung, sebagai persemaian bibit modern rumpin Kabupaten Bogor.

Masih kata Irvan Azis jika dihitung jumlah pohon yang sudah ditanam dan dibagikan sejak Januari awal tahun 2022 sampai Juli berjumlah 76.000 pohon, tersebar di berbagai wilayah Kota/Kabupaten Sukabumi yang dilaksanakan pada setiap hari besar yang berkaitan dengan lingkungan hidup seperti hari lingkungan hidup, bumi, air, bulan bakti rimbawan, hutan kesiap-siagaan bencana HUT Kodam III Siliwangi serta peringatan hari-hari besar nasional.

Dengan mengusung gerakan sosialisasi SELINGKUH Selamatkan Lingkungan Hidup, LSM Dampal Jurig menggandeng kalangan masyarakat dari berbagai dinas, instansi pemerintah, TNI, komunitas pecinta alam, OKP, Ormas, LSM, Media, Mahasiswa, Pelajar, Santri ponpes, dan salah satunya dengan Kepolisian Republik Indonesia.

Tujuannya hanya satu, penyelamatan lingkungan hidup dan konservasi alam meski dari hal kecil, karena akan banyak manfaat dari apa yang sudah dilakukan dan akan dilakukan terus berkala dan berkesinambungan yang bisa diwariskan kepada generasi kita selanjutnya.

Sementara di hari yang sama Drs. H. Marwan Hamami, M.M. Bupati Sukabumi, dalam sambutannya mengajak semua unsur elemen masyarakat yang dipimpinnya untuk ikut mendukung program ini sesuai Visi Misi Sukabumi lebih baik salah satunya, dan turut mewujudkan program gubernur Jabar Juara Tanam 50 juta pohon demi Jawa Barat Hijau Lestari.

Pihak Kepolisian Sukabumi Kota yang diwakili oleh Kapolsek Kadudampit mengucapkan terima kasih atas kerjasama LSM Dampal Jurig dengan institusinya, ini salah satu terobosan baru di hari jadi POLRI yg ke-76, adalah salah satu wujud nyata sinergitas masyarakat yang diwakili oleh LSM Dampal Jurig kerjasama dengan Polri dalam gerakan tanam pohon demi hutan yang hijau lestari khususnya kaki gunung gede pangrango umumnya Sukabumi.

Disinggung kontribusi dari pihak Karest Situ Gunung TNGP dan jembatan gantung situ gunung PT Fontis, mengatakan tidak ada bantuan apapun untuk kegiatan kali ini padahal beberapa waktu lalu saat ada pertemuan sudah menjanjikan untuk suport.

Alhamdulillah acara ini tetap berjalan lancar sesuai dengan harapan dan yang direncanakan ucap Irvan Azis mengakhiri pembicaraannya pada awak media. Jumat, (01/07/2022).

Print Friendly, PDF & Email