Hujan Deras Melanda Sukabumi Dan Sekitarnya, Sebelas Kampung Di Kecamatan Cibadak Sukabumi Alami Musibah Longsor dan Banjir

oleh -
Hujan Deras Melanda Sukabumi Dan Sekitarnya, Sebelas Kampung Di Kecamatan Cibadak Sukabumi Alami Musibah Longsor dan Banjir

Wartawan Wahyu Humaedi

Sukabumionline.net, Sukabumi- Diduga akibat hujan deras selama kurang lebih lima jam yang terus menerus mengguyur Suakabumi dan sekitarnya, mengakibatkan sebelas kampung mengalami musibah longsor dan banjir di Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, pada Senin (20/06/2022).

banner 970x90

Dari informasi yang dihimpun musibah banjir dan longsor tersebut terjadi pada pukul 15-30 WIB. sore tadi di wilayah Desa Pamuruyan sebanyak kurang lebih lima kampung mengalami longsor.

Dan di wilayah Desa Warna Jati sebanyak kurang lebih tiga kampung juga terjadi di Kelurahan Cibadak sebanyak kurang lebih dua kampung dengan lokasi berbeda, juga di wilayah Desa Sukasirna Kecamatan Cibadak satu kampung,

Adapun kampung yang mengalami musibah tersebut di antaranya, di Desa Pamuruyan Kecamatan Cibadak :

  1. Kp. Panagan RT 03/02 Jalan lingkungan longsor sepanjang 25 m, tinggi 8 m. Yang berdampak jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, serta rumah warga tergenang akibat aliran sungai yang meluap dan tertutup longsoran, jumlah rumah yg terdampak 15 rumah 19 KK.
  2. Kp. Ongkrak RT 01/03 tanah longsor setinggi 8 m, panjang 10 m, yang mengakibatkan 2 rumah warga terancam, dan disarankan untuk mengungsi.
  3. Kp. Pamuruyan RT 04/09 tanah longsor setinggi 7 m, lebar 5 m, yang menutupi jalan kereta api dan langsung ditindaklanjuti oleh PT KAI dilakuakan pembersihan material yg menutupi rel kereta api, mengamcam satu buah ruko.
  4. Kp. Ongkrak RT 03/10 tanah longsor yang mengakibatkan tertutupnya jalur kereta api, dan ditindak lanjut oleh pihak kereta api untuk dibersihkan material longsor
  5. Kp. Cinyocok RT 03/10 tanah longsor setinggi 5 m, lebar 6 m, yang mengakibatkan satu buah rumah terancam dan satu kandang kambing milik Bapak Agus

Untuk Desa Warnajati Kecamatan Cibadak :

1. Kp. Peundeuy RT 03/09 tanah longsor menimpa satu rumah milik Bapak Endih 3 KK, rusak berat, dinding rumah sepanjang 8 m rusak, taksiran kerugian 15 juta.
Untuk saat ini mengungsi ke rumah saudaranya.

2. Kp. Malinggut RT 04/03 tanah longsor setinggi 2 m, lebar 2 m, mengancam rumah milik Ibu Yayah satu rumah 2 KK.

3. Kp.Babakan Talang RT02/0 tanah longsor setinggi 4 m, lebar 6 m, menimpa rumah milik Bapak Wahyu 1 KK 3 jiwa, yang mengakibatkan rumah bagian dapur rusak berat.

Sementara di Kelurahan Cibadak musibah tersebut melanda :

  1. Kp. Pintu RT 01/09 tanah longsor setinggi 20 m, lebar 15 m, mengancam satu rumah milik Bapak Novi Nurjaman
  2. Kp. Situsaeur RT 01/11 tanah longsor setinggi 2 m, lebar 2 m, menimpa rumah milik ibu Eneng Herta 2 KK 4 Jiwa, mengakibatkan 2 ruang kamar tidur rusak berat dan dapur, dan mengungsi ke rumah orang tuanya.

Dan untuk wilayah Desa Sukasirna

  1. Kp. Cilubang RT 02/11 tanah longsor setinggi 5 m, menimpa tembok rumah milik Bapak Maman

Untuk penanganan sementara dilakukan oleh Wawan Godawan (Kalak BPBD Kab. Sukabumi)

Camat Cibadak, Pemerintah Desa/Kelurahan Setempat, Anggota Koramil Cibadak, Anggota Polsek Cibadak, Gabungan P2BK/ BPBD, Sarda Kabupaten, Satpol PP Kecamatan dan Kelurahan, Tim Relawan Kecamatan, Pramuka Peduli, Gercep Cibadak, Karang Taruna dan Tagana Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email