Mewakili Bupati, Sekda Ade Suryaman Secara Resmi Buka Pendidikan dan Pelatihan Kualitas Di Tingkat Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi

oleh -
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, S.H., M.M., mewakili Bupati membuka secara resmi buka Pendidikan dan Pelatihan Kualitas tingkat Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi

Wartawan Aep Saepudin

Sukabumionline.net, Sukabumi- Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, S.H., M.M., mewakili Bupati membuka secara resmi buka Pendidikan dan Pelatihan Kualitas tingkat Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, bertempat di Aula BKPSDM Kabupaten Sukabumi, Selasa (10/05/2022).

banner 970x90

Adapun kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai dari tanggal 10 s.d. 12 Mei 2022 serta diikuti oleh 120 orang peserta yang merupakan perwakilan dari Perangkat Daerah dan Kecamatan se-Kabupaten Sukabumi.

Adapun tujuan dilaksanakannya Diklat Asesor dan Penjaminan Kualitas untuk penilaian maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern pemerintah (SPIP) adalah untuk membekali peserta dengan kemampuan melaksanakan penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP Terintegrasi di lingkungan pemerintah daerah.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap semua peserta mampu memahami Sistem Pengendalian Intern Pemerintah atau (SPIP) dan peningkatan kualitas pengendaliannya sesuai dengan kebijakan yang mengaturnya, terutama PP 60/2008 Tentang SPIP dan Inpres 9/2014 Tentang Peningkatan Kualitas Sistem Pengendalian Intern dan Keandalan Penyelenggaraan Fungsi Pengawasan Intern dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Kedua output kebijakan tersebut berguna untuk meningkatkan kualitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara dan daerah serta pembangunan daerah, ikhtiar seperti demikian itu sejalan dengan upaya Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kabupaten Sukabumi Yang Religius, Maju, dan Inovatif Menuju Masyarakat Sejahtera Lahir-Batin.” Jelasnya.

Lebih lanjut Sekda mengatakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan hal yang sangat penting dan menjadi tanggung-jawab bersifat melekat pada Kepala Perangkat Daerah karena setiap kegiatan yang dilakukannya harus didukung dengan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) agar penyelenggaraan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai dengan pertanggungjawaban dapat dilakukan dengan tertib, terkendali, efisien dan efektif.

“Saya meyakini bahwa Diklat ini dapat membantu memperbaiki manajemen di masing-masing Perangkat Daerah maupun ditingkat Pemerintah Daerah, salah-satunya adalah dengan cara menyusun pengendalian yang memadai pada setiap kegiatan untuk pencapaian tujuan organisasi. Dengan demikian, ikhtiar ini dapat mendorong terwujudnya Tata-Kelola Pemerintahan (Good Governance) yang baik dan bersih di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.” tegasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Inspektur Kab. Sukabumi, Kepala Bapelitbangda dan Kepala BKPSDM kabulaten Sukabumi. (*)

Sumber : DKIP

Print Friendly, PDF & Email