Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Pimpin Acara pembinaan Untuk Para RESATA

oleh -
Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami, M.M., melaksanakan pembinaan bagi puluhan relawan mengenai wawasan sadar wisata dan mencanangkan Relawan Sadar Wisata (RESATA) Nu Someah Hade Kasemah Kecamatan Palabuhanratu

Wartawan Aep Saepudin

Sukabumionline.net, Sukabumi- Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami, M.M., melaksanakan pembinaan bagi puluhan relawan mengenai wawasan sadar wisata dan mencanangkan Relawan Sadar Wisata (RESATA) Nu Someah Hade Kasemah Kecamatan Palabuhanratu. Pencanangan ditandai dengan pemakaian rompi Resata kepada relawan serta pemberian alat kebersihan dan alat megaphone kepada relawan, bertempat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Citepus, Palabuhanratu. Rabu (27/04/2022).

banner 970x90

Acara ini pun dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Sukabumi, Kasatpol PP Kab. Sukabumi, Kadishub Kab. Sukabumi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sukabumi serta tamu undangan lainnya.

Sekretaris Kecamatan Palabuhanratu Ece Misbah dalam laporannya menyebutkan, bahwa pembentukan resata ini dimaksudkan untuk menguatkan pemberdayaan masyarakat lokasi wisata.

” Selain untuk memberdayakan masyarakat lokasi wisata, pembentukan resata ini pula dimaksudkan untuk mendukung revalidasi UNESCO Global Geopark Ciletuh palabuhanratu yang sebentar lagi akan dilaksanakan” Jelasnya.

Lanjut disampaikan Ece bahwa Pembentukan Relawan Sadar Pariwisata di tahap awal ini dilaksanakan baru di Desa Jayanti, Kelurahan Palabuhanratu, dan Desa Citepus Dengan sebelas lokasi wisata.

Sementara itu Bupati menjelaskan bahwa Relawan Wisata harus memiliki jiwa untuk menjaga dan mencintai lingkungan lokasi wisata.

” Resata dibentuk untuk betul-betul menjaga dan mencintai lokasi tempat wisata terutama tentang kebersihannya, dan mampu untuk menjaga juga aset yang ada di lokasi tempat wisatanya” Ungkap Bupati.

Oleh karena itu, Bupati meminta kepada para relawan untuk bekerja secara ikhlas dan senantiasa mengedepankan kenyamanan bagi masyarakat pengunjung maupun masyarakat di sekitar objek wisata.

” Niatkan dengan ikhlas, niatkan dengan sama-sama ingin berjuang untuk memajukan tempat pariwisata ini dan untuk kemaslahatan masyarakat” terangnya.

Bupati pun berharap para relawan bisa menyelesaikan setiap permasalahan-permasalahan di lapangan seperti pungutan liar dan harga makanan/minuman yang mahal.

” RESATA diharapkan relawan yang betul-betul solid untuk menjawab persoalan-persoalan yang dikeluhkan selama ini oleh pengunjung, karena masing-masing relawan ini dengan konsekuensi ketika dia bisa membenahi sistem ini akan membuat masyarakat pengunjung dan masyarakat yang berjualan di sini tidak akan terjadi lagi persoalan-persoalan seperti harga mahal dan parkiran yang tidak wajar pungutannya” pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email