Ujang Nusi POPSDA UPTD DPU Wil ll, Sigap Atasi Saluran Yang Ambles Pada D.I. Cikahuripan Nagrak

oleh -
Daerah Saluran Irigasi (DI) Cikahuripan Desa Giri Jaya Kecamatan Nagrak beberapa hari lalu mengalami ambles sepanjang 25 meter

Wartawan Aep Saepudin

Sukabumionline.net, Sukabumi- Daerah Saluran Irigasi (DI) Cikahuripan Desa Giri Jaya Kecamatan Nagrak beberapa hari lalu mengalami ambles sepanjang 25 meter.

banner 970x90

Petugas Operasi Sumber Daya Air ( POPSDA) Ujang Nusi, yang bertugas di Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Wiayah ll ( dua) Dinas PU Kabupaten Sukabumi, sigap atasi permasalahan gangguan di saluran irigasi di wilayah tugasnya.

Ujang Nusi yang juga merangkap juru pengairan Daerah Irigasi Cikahuripan, merasa ikut bertanggung jawab ketika saluran irigasi yang ia kelola mengalami gangguan, karena seperti diketahui D.I. Saluran Irigasi Cikahuripan yang menjadi kewenangan Kabupaten, selain digunakan untuk kebutuhan warga, juga mengairi beberapa ratusan HA Hektar lahan pertanian, sehingga menurutnya apabila terjadi gangguan harus segera diatasi.

Seperti kejadian amblesnya leaning tembok saluran irigasi beberapa hari lalu yang menimpa D.I. Cikahuripan, dirinya atas perintah pimpinannya di UPTD langsung terjun bersama warga, bahu membahu memperbaiki sementara sebelum adanya perbaikan yang permanen dari DPU Kabupaten Sukabumi.

Ujang Nusi saat dihubungi, Sabtu (23/04/2022) ” Memang beberapa hari lalu Daerah Irigasi Cikahuripan Desa Giri Jaya Kecamatan Nagrak ini, leaning tembok penahan airnya mengalami ambles ke bawah, mungkin akibat tanahnya yang sedikit labil dan mungkin juga debit air sangat deras akibat intensitas hujan beberapa hari lalu sangat besar sekali, “Ucapnya”

Untuk panjang saluran irigasi yang terkena bencana ambles tersebut, itu diperkirakan sepanjang 25 meter, dan kita kemarin atas perintah pimpinan di UPTD, saya bersama warga terjun langsung untuk memperbaiki sementara sebelum adanya perbaikan lanjutan.

Dan sementara kami belum diusulkan ke Dinas melalui UPTD, sebab kan tahun ini ada pengerjaan pembangunan Saluran Irigasi D.I. Cikahuripan ini, kalau tidak salah dari DAK Dana Alokasi Khusus, mudah-mudahan pengerjaan pembangunan Saluran Irigasi dari DAK tahun ini, bisa sampai ke titik yang longsor ini, sehingga bisa dikaper oleh pembangunan DAK tersebut.” pungkasnya” (*)

Print Friendly, PDF & Email