SMK Bumi Riyadhutholibin Wujudkan Santri Bisa Ngaji Bisa Komputer

oleh -
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bumi Riyadhutholibin merupakan sekolah yang berbasis Pondok Pesantren yang berdomisili di Desa Pawenang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi

Wartawan Aep Saepudin

Sukabumionline.net, Sukabumi- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bumi Riyadhutholibin merupakan sekolah yang berbasis Pondok Pesantren yang berdomisili di Desa Pawenang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

SMK tersebut kembali membuka pendaftaran baru bagi siswa-siswi baru tahun ajaran 2022-2023, pendaftaran dimulai pada awal bulan April sampai tanggal 20 Juli 2022 dan di buka untuk umum.
Sekolah yang berdiri sejak Tahun 2009 itu menyiapkan jurusan , Teknik Komputer dan telah meluluskan 8 angkatan yang tersebar ke berbagai daerah, dengan tujuan siap menciptakan anak didik yang bisa ngaji juga bisa komputer, selain itu, dalam 2 tahun terakhir bagi lulusan SMK juga disediakan link Kuliah Lanjutan Jurusan Teknik Informatika melalui Jalur KIP Kuliah yang dapat disalurkan ke berbagai Universitas ternama di Indonesia.

Dengan visi yang sederhana , SMK Bumi Riyadhutholibin mewujudkan Sumber Daya Manusia Terdidik dan Bermasyarakat yang berlandaskan Iman Dan Taqwa (IMTAQ) dan adaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ” Hal ini tidak hanya sekedar visi Sekolah, akan tetapi wujud dari cita-cita dan kehendak warga dan para alumni yang mendorong agar Yayasan Pondok Pesantren Riyadhutholibin yang berdiri sejak Tahun 1960-an itu berkembang luas dalam visi dan aktifitasnya agar dapat menciptakan anak didik yang memliki ilmu pengetahuan yang kompeten dan adaptif dengan pertimbangan tidak menafikan keberadaan tradisi kepesantrenan yang menjadi ciri khasnya.

Guna mewujdukan visi tersebut, SMK Bumi Riyadhutholibin sendiri menyiapkan tenaga didik atau guru yang handal , dan siap mendidik atau mencetak siswa dan siswinya menjadi anak yang bertaqwa ,berprestasi, handal juga berkualitas. Tentunya guru pejuang, guru yang siap mewakafkan waktu dan kompetensinya demi mencerdaskan anak bangsa.

Seperti yang disampaikan Kepala Sekolah SMK Bumi Riyadhutholibin Muhsin Al Hasani S,IP. M,Si , Kamis (14/04/2022)
” Tahun ini kita membuka kembali pendaftaran bagi siswa dan siswi yang lulus setingkat SMP/MTs Yang minat mendaftar di SMK Bumi Riyadhutholibin ini, dan pendaftarannya sudah mulai dibuka pada awal bulan April ini hingga nanti sampai tanggal 20 Juli 2022, silahkan bagi yang berminat untuk mendaftar di sekolah kami ini, masalah biaya tergolong cukup ringan, karena kita juga mempertimbangkan kondisi orangtua, warga, khususnya di masa pandemi yang berdampak di setiap status sosial warga. Jika kurang mampu kami gratiskan, syaratnya sertakan saja SKTM dari Desa, atau lampirkan dokumen PKH atau DTKS orangtua calon siswa Baru.

Tujuan kami sederhana saja, karena kami punya tagline, semboyan “ siap menciptakan siswa dan siswi yang bisa ngaji juga bisa komputer, santri harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya, minimal mampu mandiri dan bermasyarakat dengan wawasan dan pemahaman yang baik.

Hingga pada tahun pelajaran 2021-2022 , Lanjut Muhsin ” siswa di SMK Bumi Riyadhutholibin masih di dominasi santriyin-santriyat Pondok Pesantren Riyadhutholibin. Dan kami membuka untuk umum
mau masuk pesantren, masuk SMK, atau Madrasah Tsanawiyah, silahkan dipilih saja. Dan disini sudah disediakan asrama putera-puteri.

Ketika ditanya perihal akreditasi, Muhsin juga menjelaskan bahwa SMK Bumi Riyadhutholibin Akreditasinya adalah Akreditasi B yang dirilis pada tahun 2016 oleh BAN-SM Provinsi Jawa Barat, yang
selanjutnya dikonversi oleh Kemendikbud dengan sertifikat akreditasi oleh BAN-SM No.
1214/BAN-SM/SK/2018 menjadi Terakreditas A.

Jadi kami SMK Bumi Riyadhutholibin, siap menciptakan anak yang beraqwa, berprestasi dan berkualitas, untuk itu silahkan bagi yang berminat bisa mendatangi kantor kami di Kampung Guling Jawa RT. 10 RW. 02 Desa Pawenang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi ” pungkasnya ” (*)

Print Friendly, PDF & Email