Bazar Cullinary Ramadhan, Bupati Berharap Bisa Mendorong Pemulihan Ekonomi UMKM

oleh -
Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami, M.M., membuka Bazar Cullinary Ramadhan 1443 Hijriah

Wartawan Aep Saepudin
Sukabumionline.net, Sukabumi- Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami, M.M., membuka Bazar Cullinary Ramadhan 1443 Hijriah, Senin (11/04/2022). Pembukaan bazar tersebut ditandai dengan membunyikan angklung yang merupakan alat musik tradisional Jawa Barat.

Bazar yang diselenggarakan Dinas Koperasi UKM bersama Dekranasda Kabupaten Sukabumi ini, dilaksanakan di area parkir Sukabumi Craft Center (Gerai Dekranasda) selama dua pekan. Hal itu terhitung dari 11-24 April 2022.

banner 970x90

Bazar yang dimulai dari pukul 15.00-19.00 WIB ini, menyajikan berbagai makanan khas ramadhan. Selain itu, terdapat berbagai perlombaan selama kegiatan berlangsung. Bahkan, ada iringan musik religi hingga santunan anak yatim.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu cara pemulihan ekonomi, khususnya setelah pandemi covid 19 selama dua tahun terakhir.

“Saya bersyukur kegiatan ini bisa terlaksana kembali, sehingga bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Apalagi, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sukabumi di triwulan pertama berada di angka 3,4 persen. Hal ini meningkat jika dibandingkan awal terjadi pandemi covid 19 yang berada di -1,3 persen.

“Makanya, kegiatan ini bisa dijadikan wahana untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Terutama dari sisi UMKM yang menjadi prioritas,” ucapnya.

Selain itu, bazar ini dilakukan untuk memperkenalkan produk UMKM kuliner khas Sukabumi.

“Lewat bazar ini, bisa menjembatani produk UMKM Sukabumi lebih dikenal masyarakat, Sehingga, rasa bangga terhadap produk dalam negeri bisa tertanam di masyarakat.ini juga untik memacu UMKM supaya lebih tergerak,” bebernya

Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan mengatakan, kegiatan ini dilsanakan untuk mengenalkan keragaman kuliner Sukabumi. Selain itu, meningkatkan pendapatan pengrajin UMKM, khususnya di bidang kuliner.

“Terima kasih pengrajin UMKM yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Totalnya, ada sekitar 34 stand yang ikut berpartisipasi,” terangnya.

Hj Yani pun mengimbau masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk hadir dan meramaikan bazar yang menampilkan kuliner beraneka ragam.

“ngabuburit sambil menikmati beraneka ragam kuliner bisa ke sini. Semoga kegiatan ini lancar, sukses hingga 24 April nanti,” pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email