Bupati Sukabumi Serah Terimakan Program Beasiswa Di Universitas Nusa Putra

oleh -
Sebanyak 150 orang telah dinyatakan lulus dan menerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun ajaran 2022.

Wartawan Wahyu Humaedi

Sukabumionline.net, Sukabumi- Sebanyak 150 orang telah dinyatakan lulus dan menerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun ajaran 2022.

banner 970x90

Mereka yang lulus ini, akan berkuliah di Universitas Nusa Putra. Proses serah terima beasiswa tersebut, dilakukan langsung Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami, M.M., di auditorium Universitas Nusa Putra, Kamis (24/03/2022).

Berdasarkan data yang dihimpun, mereka yang lulus ini telah melewati berbagai tahapan seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, hingga tes tertulis. Bahkan, mereka telah mengungguli ribuan orang yang menginginkan beasiswa tersebut.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, kerjasama program beasiswa tersebut telah berjalan selama tiga tahun dengan Universitas Nusa Putra. Selama kerjasama tersebut, telah ada 450 orang yang berkuliah gratis di Universitas Nusa Putra.

“Program beasiswa ini, dilatarbelakangi kebutuhan akan generasi muda yang bisa mengembangkan potensi sumber daya alam di Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

Mereka yang mendapatkan beasiswa ini, bebas memilih jurusan yang disukai di Universitas Nusa Putra. Terpenting, mereka bisa menimba ilmu dan meningkat kemampuan diri.

“Bahkan, beberapa penerima beasiswa ini akan belajar ke luar negeri bersama Universitas Nusa Putra. Itu hal yang luar biasa,” ucapnya.

Menurut Bupati, hasil mereka belajar bisa terus dikembangkan. Sehingga, bisa berkontribusi untuk daerahnya.

“Paling penting, pasca berkuliah mereka bisa kembali ke tempat asal. Sehingga bisa mengembangkan kecamatan ataupun desa di tempat mereka tinggal,” ungkapnya.

Selain dengan Universitas Nusa Putra, telah ada kerjasama dengan kampus lain di luar Kabupaten Sukabumi. Hal itu untuk mengembangkan SDM di Kabupaten Sukabumi.

“Program beasiswa ini, semoga bisa menjawab persoalan SDM. Sehingga, SDA yang ada ini bisa dikelola dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan,” terangnya.

Rektor Universitas Nusa Putra Kurniawan mengatakan, kampus yang dipimpinnya berusaha memberikan yang terbaik, salah satunya dengan pengakreditasian internasional.

“Juni mendatang kami akan akreditasi internasional Aqas. Lembaga akreditasi ini, berbasis di Jerman. Kalau sudah terakreditasi, nanti akan memudahkan bekrja di Eropa. Sebab sudah diakui luar negeri akreditasinya,” bebernya.

Tak hanya itu, Universitas Nusa Putra pun sedang menyeleksi profesor terbaik dari luar negeri, mereka nanti akan mengajar di Nusa Putra.

“Akan ada mahasiswa luar negeri juga yang belajar berkolabirasi dengan anak Sukabumi. Intinya, ingin menjadikam Sukabumi sebagai tujuan pendidikan bangsa,” terangnya.

Penerima Beasiswa Fauzan Ruhyatudin mengatakan, proses mendapatkan darmasiswa sangatlah sulit. Namun berkat kegigihan, akhirnya bisa mendapatkan beasiswa tersebut, “Berguna banget beasiswa ini,” pungkasnya.

Di dalam kegiatan, dilaksanakan penandatanganan kerjasama penyelenggaraan beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2023-2025 oleh H. Marwan Hamami beserta Rektor Universitas Nusa Putra Kurniawan.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula pemberian penghargaan kepada penerima beasiswa dengan nilai tertinggi, Kecamatan dengan peserta tes terbanyak, dan sekolah penerima terbanyak.

Penerima beasiswa dengan nilai tertinggi ialah, Fauzan Ruhyatudin asal Nyalindung, Muhammad Amaradipta asal Nagrak, dan Muhammad Syahril asal Warungkiara.

Sementara Kecamatan dengan peserta tes terbanyak adalah, Cisaat dan Cibadak, dan untuk Sekolah penerima terbanyak ialah MAN 4 Sukabumi, SMAN 1 Cibadak, dan SMAN 1 Cisaat. (*)

Print Friendly, PDF & Email