Wabup H. Iyos Somantri Bersama Dinas PU, Membuka Secara Resmi Bimtek P3A

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi Drs. H. Iyos Somantri, M.S.i., membuka secara resmi Bimbingan Teknis Penguatan Perkumpulan Petani Pemakai Air( P3A) Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Aep Saepudin

Sukabumionline.net, Sukabumi- Wakil Bupati Sukabumi Drs. H. Iyos Somantri, M.S.i., membuka secara resmi Bimbingan Teknis Penguatan Perkumpulan Petani Pemakai Air( P3A) Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

Acara yang di gelar di salah satu kawasan di Kecamatan Sukabumi, Selasa (22/03/22) dan acara tersebut diprakarsai Dinas PU Kabupaten Sukabumi

Dalam sambutan nya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi Drs. H. Asep Japar, M.M., mengatakan ” Bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas pengaturan irigasi supaya lebih baik dari sebelumnya, dan Bimtek diikuti oleh 156 orang Mitra Cai Se-Kab Sukabumi”.

Menurut Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi Drs. H. Iyos Somantri, M.S.i., menyambut baik upaya peningkatan kualitas kerja petugas operasi dan pemelihara irigasi di kalangan P3A yang ada di Kabupaten Sukabumi, sebab menurut nya “melalui bimtek ini diharapkan peserta memahami tentang peran dan tanggung jawab P3A dalam pengelolaan jaringan irigasi terutama memahami pembagian peran serta dalam pengelolaan irigasi antara pemerintah dan masyarakat” jelasnya.

“Penyediaan air irigasi bagi tanaman menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan, terjaminnya penyediaan air irigasi bisa diupayakan melalui peran aktip P3A, dimana petani diberi wewenang dan tanggung jawab pemeliharaan di tingkat usaha tani sebagaimana diatur dalam UU no. 7/2004 tepatnya di pasal 41 yaitu bahwa Pemerintah berwenang dan bertanggung jawab mengembangkan irigasi sekunder dan primer selanjutnya untuk pengembangan irigasi tersier menjadi hak dan tanggung jawab P3A.” Jelasnya.

Dan Wakil Bupati berharap dengan adanya Bimtek ini manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat dan menjadikan irigasi di Kabupaten Sukabumi akan lebih baik dan hasil produksi pertanian akan meningkat.

Di akhir acara dilakukan pemberian Akta Notaris bagi P3A yang diwakili oleh tiga orang peserta.

Nampak hadir pada acara, selain Wakil Bupati Sukabumi Drs. H. Iyos Somantri, M.M., juga Jajaran Dinas PU, Kepala Dinas Drs. H. Asep Japar. M.M., Sekretaris Dinas Ir. Bambang Widyantoro, M.T., Kabid SDA Adi Setiadi Nugraha, S.T. beserta jajaran pegawai Dinas PU lainnya dan jajaran Pengurus P3A Kabupaten beserta para Anggota P3A Se-kabupaten Sukabumi. (*)

Sumber : DKIP

Print Friendly, PDF & Email