Bupati Sukabumi Terima Kunjungan Kadis ESDM Provinsi Jabar Bahas Energi Baru Serta Program Jabar Caang

oleh -
Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami, M.M., menerima kunjungan jajaran Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat di Pendopo Sukabumi

Wartawan Aep Saepudin

Sukabumionline.net, Sukabumi- Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami, M.M., menerima kunjungan jajaran Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat di Pendopo Sukabumi, Kamis 17 Maret 2022. Kunjungan yang dipimpin Kepala Dinas ESDM Jabar Ai Saadiyah Dwidaningsih ini untuk beraudiensi mengenai pengembangan energi baru terbarukan dan program Jabar Caang.

banner 970x90

Kepala Dinas ESDM Jabar Ai Saadiyah Dwidaningsih mengatakan, kehadirannya ke Kabupaten Sukabumi untuk berkolaborasi dan menyinergikan program ESDM Provinsi Jawa Barat. Apalagi, terdapat sejumlah program yang dikerjakan di Kabupaten Sukabumi.

“Kehadiran kami ke sini untuk berdiskusi dan memohon dukungan terkait program Provinsi Jawa Barat yang sedang dikerjakan,” ujarnya.

Dari program Jabar Caang saja, Kabupaten Sukabumi akan mendapatkan 1.600 sambungan listrik Provinsi Jawa Barat.

“Selama ini, menggunakan mekanisme CSR yang akan terus dikembangkan dan dibesarkan. Tapi, mekanisme APBD provinsi pun akan dibuka kembali. Jadi siapkan pengajuan dari Kabupaten Sukabumi,” ucapnya

Sementara dari CSR sendiri, telah ada 200 san sambungan listrik di Kabupaten Sukabumi yang dilakukan mitra perusahaan di 2021. Menurutnya, penyelesaian masalah listrik merupakan tanggungjawab bersama.

“Tidak tugas pemerintah, namun stakeholder terkait ikut berperan,” ungkapnya.

Sehingga, progam Jabar Caang ini, banyak mekanisme yang bisa dilakukan. Terutama dari sisi kolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan listrik.

“Dari APBD maupun CSR. Jadi, mohon didorong para pelaku usaha di Kabupaten Sukabumi untuk bersemangat memberikan bantuan listrik,” bebernya.

Berkaitan energi baru terbarukan, dirinya meminta pemerintah daerah mendorong penggunaan energi hijau yang ramah lingkungan semisal, penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di gedung-gedung perkantoran hingga rumah.

“Penggunaan kendaraan listrik dan kompor induksi perlu dorongan dan dukungan Kepala daerah. Semoga ini bisa dikembangkan dan ditingkatkan,” terangnya.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami bersyukur atas ruang yang diberikan Provinsi Jawa Barat. Baik dari sisi Jabar Caang maupun energi baru terbarukan.

“Kita harus cermati dan dorong peluang ini,” bebernya.

Program-program percepatan ini harus diselaraskan. Hal itu termasuk disinergiskan antara provinsi dengan daerah.

“Semoga lewat diskusi ini, ada masukan yang bisa memberikan pencerahan serta terobosan kebijakan,” Pungkas nya “

Sumber : DKIP

Print Friendly, PDF & Email