Himbauan dan Anjuran Ketua DMI Di Saat Malam Nisfu Sya’ban 1443 Hijriyyah

oleh -
Ketua Dewan Masjid Indonesia ( DMI) Cabang Kabupaten Sukabumi , Drs. KH. Abdul Ajiz menghimbau umat islam, untuk pelaksanaan ibadah nisfu sya'ban agar bermunajat berdoa kepada Allah S.W.T. dengan memenuhi lima amalan

Wartawan Aep Saepudin

Sukabumionline.net, Sukabumi- Menjelang sambut bulan Ramadhan 1443 H, umat islam melakukan berbagai persiapan seperti diantaranya, melaksanakan ibadah pada malam bulan nisfu sya’ban dengan berdoa memanjatkan puji dan syukur ke hadirat ilahi rabbi.

banner 970x90

Seperti halnya persiapan di Kabupaten Sukabumi, yang disampaikan Ketua Dewan Masjid Indonesia ( DMI) Cabang Kabupaten Sukabumi , Drs. KH. Abdul Ajiz melalui himbauannya serta anjurannya, bahwa untuk pelaksanaan ibadah nisfu sya’ban agar bermunajat berdoa kepada Allah S.W.T. dengan memenuhi lima amalan.

Himbauan dan anjuran tersebut disampaikan beliau kepada awak media, di kantor sekretariat Ponpes Nurulhuda Jalan Cibolang Desa Cibatu Kecamatan Cisaat, Kamis (17/3/2022) “sebagaimana biasa nisfu sya’ban adalah malam yang sangat penting apalagi dalam ketentuan agama banyak fadilah-fadilah tentang keutamaan nisfu sya’ban, makanya kami DMI Kabupaten Sukabumi menghimbau agar pelaksanaan malam nisfu sya’ban agar terus bermunajat kepada Allah SWT, dengan permohohonan yang pertama agar kita ditetapkan iman Islam, yang kedua usia atau umur kita mudahan-mudahan di berkahkan juga oleh Allah SWT, kemudian yang ketiga rizki kita bertambah dan Rizki yang berkah untuk bekal ibadah.

Nah kemudian karena memang kebiasaan itu sudah biasa dilaksanakan sesuai ajaran agama, tetapi karena kita masih dalam kondisi covid-19 yang belum mereda , agar tetap menjalankan protokol kesehatan, sesuai dengan tempat yang masing-masing yg mungkin disesuaikan meskipun sekarang Sukabumi sudah masuk ke level dua lagi sehingga ada kelonggaran-kelonggaran, tetapi meskipun ada kelonggaran barangkali ke seluruh DKM dan juga seluruh Ketua DMI agar tetap mensyiarkan kegiatan-kegiatan Islam.

Utamanyanya berdoa kepada Allah agar diberi kesehatan. Dan bagi yang sehat gunakan masker, walaupun tidak bisa jaga jarak misalkan tapi minimal karena satu kampung atau satu daerah, apabila ada pendatang atau yang baru datang dari luar daerah, maka itu kewajiban memakai masker kemudian bagi yg sakit jangan memaksakan, cukup ikut berdoa saja masing-masing di rumah , ” Imbuhnya”

Kemudian lanjutnya “juga kita berdoa mudah-mudahan kita segera di bebaskan dari covid-19 tersebut dan mudah-mudahan kehidupan normal kembali sebagaimana biasa dan yg paling utama mudah-mudahan menjelang Ramadhan kita diberi kesehatan sehingga nanti Ramadhan kita bisa melaksanakan ibadah puasa dengan sebaik mungkin sesuai dengan syariat agama Islam, ” ujarnya”

Dan KH. Ajiz pun menganjurkan dalam pelaksanaan ibadah nisfu sya’ban agar bisa memenuhi lima amalan, di antaranya :

  1. Memperbanyak doa sejak terbenam matahari.
  2. Memperbanyak istighfar
  3. Salat Magrib dan Isya secara berjamaah (sesuai waktunya )
  4. Setelah Salat Magrib membaca surat Yasin 3 kali dengan niat meminta keberkahan umur, keberkahan Rizqi yang halal dan ketetapan iman dan Islam
  5. Saling memaafkan dan melaksanakan salat sunnah malam seperti tahajjud dan lain-lain, adapun siangnya dianjurkan puasa sunnah. ” pungkas Drs. KH. Abdul Ajiz. (*)

Print Friendly, PDF & Email