Turun Bersama APH Bareskrim Polri Di Kecamatan Cisaat , Irjen Kemensos Tegaskan KPM BPS Bisa Belanja Di Mana Saja

oleh -
Inspektorat Jendral Kementerian Sosial R.I. Dadang Iskandar didampingi Aparat Penegak Hukum (APH) dari Bareskrim Mabes Polri, turun langsung memantau penyaluran Bantuan Program Sembako di Desa Sukamantri Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi

Wartawan Aep Saepudin

Sukabumionline.net, Sukabumi- Inspektorat Jendral Kementerian Sosial R.I. Dadang Iskandar didampingi Aparat Penegak Hukum (APH) dari Bareskrim Mabes Polri, turun langsung memantau penyaluran Bantuan Program Sembako di Desa Sukamantri Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, Kamis (03/33/2022).

banner 970x90

Kedatangan Irjen Kemensos disambut oleh Camat Cisaat Yudi Mulyadi serta Kades Sukamantri Cecep Andi Rusmawan beserta jajarannya.

Irjen Kemensos R.I. Dadang Iskandar melihat dan memantau langsung proses penyaluran Bantuan Program Sembako yang sedang dilaksanakan di Desa tersebut yang disalurkan bersama PT POS Indonesia Cabang Sukabumi,

Selain melihat penyaluran, Irjen Kemensos R.I. Dadang Iskandar yang didampingi dari Bareskrim Mabes Polri Kombes Pol. Agus, memberikan pengarahan kepada Muspika, Pemdes setempat beserta Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Program Sembako, serta pencerahan berkaitan dengan mekanisme penyaluran.

Dadang Iskandar Irjen Kementrian Sosial R.I. disela-sela kunjungannya menyampaikan ” untuk belanja bagi para keluarga penerima manfaat (KPM) dari Bantuan Program Sembako , Itu bisa belanja dimana saja, jadi tidak boleh di satu e-waroeng, apalagi ada unsur pengarahan untuk pembelanjaan di satu e-waroeng itu tidak boleh, ” imbuhnya”

Makanya kenapa saya turun bersama pihak APH dari Bareskrim Polri , lanjut Dadang ” karena saya ingin mereka para KPM Bantuan Program Sembako bebas belanja dimana saja, tidak boleh ada pengarahan, karena mereka harus bebas belanja, jadi mereka para KPM tidak dipusingkan lagi, misalkan dipotong lagi ditukar lagi dipungut lagi,

Kami dengan tim dari Bareskrim Polri turun di beberapa tempat, karena kami tidak mau ada berita-berita lagi tentang KPM yang uangnya dipotong, uangnya diambil terus diarahkan lagi belanjanya ke warung tertentu, ditukar kupon dan segala macam, untuk itu kami turun bersama APH untuk bisa mengendalikan hal-hal yang terajdi di lapangan. Dan saya tadi sampaikan ke Pak Camat, untuk pembelanjaan KPM Bantuan Program Sembako tidak boleh di satu e-waroeng, jangan ada paket-paketan, belanja saja bebas, kalau ingin membuka pasar kaget dadakan silahkan saja , ada inovasi-inovasi lah , tentunya ekonomi masyarakat di sekitar sini bisa bergerak juga, ” Pungkas Dadang Iskandar”

Kades Sukamantri di tempat yang sama menambahakan ” sementara hari ini yang kami dapatkan di pedum 11 tahun 2021 ternyata ada petunjuk teknis yang baru hari ini , dan ini kabar gembira buat masyarakat bahwa secara penggunaannya serta himbauannya untuk sembako, tapi mereka diberi kebebasan oleh Kementerian Sosial, jadi kami tidak punya beban lagi hari ini, luar biasa. Dan untuk penyaluran itu tugas kantor pos kami hanya sebatas memfasilitasi bantuan saja , ” ungkap Kades Cecep”

Dan untuk teknis penyaluran hari ini , kita laksanakan di Kantor Desa dan menyesuaikan bacaan saja sesuai pedum no 11 itu kalau barang tidak sesuai jangan dibeli silahkan saja kalau mau membeli di e-waroeng silahkan e-waroeng manapun juga silahkan, kami memberi kebebasan dan setelah berangkat dari sini hak mereka , saya tidak bisa mengatur mereka untuk belanja kemana-mananya ,” pungkasnya” (*)

Print Friendly, PDF & Email