FPD Dinsos, Wali Kota Harapkan Penguatan Program Udunan Online

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi menyampaikan harapan dan dorongan kepada jajaran Dinas Sosial untuk mengembangkan program Udunan Online dan rumah singgah.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menekankan pentingnya Dinas Sosial (Dinsos) untuk melakukan penguatan terhadap program Udunan Online dan rumah singgah untuk mengoptimalkan pelayanan sosial dan membantu masyarakat secara langsung. Kedua program itu benar-benar dapat meringankan beban masyarakat yang tengah menghadapi kesulitan.

banner 970x90

Pernyataan wali kota itu disampaikan saat menghadiri Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinsos Kota Sukabumi dalamr angka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Sukabumi tahun 2023, Jumat (11/2/2022). Pada rapat itu tampak hadir Kepala Dinsos Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat.

”Permasalahan sosial pasti selalu ada. Di sinilah pentingnya kehadiran pemerintah dan elemen lainnya untuk mengadvokasi masalah sosial,” kata wali kota.

Selama ini, ujar dia, program Udunan Online dan rumah singgah dirasakan manfaatnya oleh warga yang membutuhkan uluran tangan. Udunan Online yang merupakan program untuk menghimpun bantuan dari masyarakat telah membantu warga yang membutuhkan biaya pengobatan, renovasi rumah, dan bantuan pangan.

Sementara rumah singgah membantu warga untuk tempat tinggal sementara ketika mengantar kerabatnya yang berobat di Kota Bandung. 

Pada FPD tersebut, para peserta membahas 23 isu strategis yang mendasari penyusunan program untuk dilaksanakan pada tahun depan. Isu-isu dimaksud antara lain pemulihan ekonomi pasca wabah Covid-19, kawasan kumuh, sanitasi lingkungan, pengelolaan sampah, dan isu penguatan modal sosial berbasis nilai budaya. 

”Dinsos harus mampu mengatasi masalah sosial dengan nilai budaya dan mengutamakan kepedulian pada masyarakat sekitar. Kita punya Udunan Online yang merupakan salah satu ikhtiar menguatkan modal sosial,” kata Fahmi.

Program-program soaial lainnya harus disiapkan untuk memacu semangat warga dalam bergotong royong dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Intinya, lanjut dia, program-program tersebut harus dapat dirasakan masyarakat. (*) 

Print Friendly, PDF & Email