Wabup Harapkan Pilkades Dapat Melahirkan Kepala Desa Terbaik

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri (tengah) memberikan pengarahan kepada panitia Pilkades, BPD, dan panitia pengawas bertempat di GOR Kadudampit.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri mengharapkan penyelenggaraan Pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi dapat menghasilkan pemimpin terbaik di tingkat desa. Dari proses demokrasi di tingkat desa tersebut akan lahir kepala desa yang dapat menggerakkan potensi desa dan mewujudkan kesejahteraan rakyat.

banner 970x90

Pernyataan wabup itu disampaikan saat menghadiri pelatihan teknis Pilkades Serentak siklus II gelombang I tahun 2022 bertempat di GOR Kadudampit, Rabu (9/2/2022). Pelatihan tersebut diikuti 136 peserta dari 8 desa di 3 kecamatan yang menggelar Pilkades serentak tahun ini.  

“Kami mengharapkan kepala desa terpilih nanti adalah pemimpin terbaik dari yang para calon yang baik. Dia memiliki kemampuan untuk menggerakkan birokrasi di level desa serta dapat melaksanakan program-program pembangunan,” kata Iyos.

Kades terpilih, ujar dia, idealnya figur yang dapat memprioritaskan kearifan lokal dalam membuat dan melaksanakan program pembangunan. Kades terpilih juga harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Pelatihan tersebut diikuti para panitia Pilkades, BPD, dan panitia pengawas. Kegiatan itu berupa pembekalan bagi semua unsur pelaksana supaya Pilkades bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Dalam pelaksanaan Pilkades serentak  semua  unsur penyelenggara harus melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh. Mereka harus memperoleh pembekalan yang layak sesuai peran dan tanggung jawabnya,” ujar Iyos.

Semua kalangan termasuk BPD, panitia pemilihan, dan Pengawas Pilkades tingkat desa, juga camat, sekmat, dan Kasi Binwas agar bisa lebih cermat menyikapi segala potensi yang mungkin terjadi berikut dengan solusi terbaiknya. Dalam hal ini, kata wabup, termasuk memahami teknis Pilkades sehingga nantinya bisa mengarahkan Pilkades serentak di daerahnya masing-masing

“Mudah-mudahan pelaksanaan Pilkades serentak dapat berjalan dengan lancar, damai, aman, dan sukses tanpa ekses,” tutur wabup. (*)

Print Friendly, PDF & Email