Milad ke-6, Baldatun Center Siap Wujudkan Generasi Qurani Berbasis Anak Yatim

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami (duduk, tengah) bersama pendiri dan penanggung jawab Baldatun Center Ade Dasep Zainal Abidin (duduk, ketiga dari kiri) pada acara puncak Milad ke-6 Baldatun Center.
Baldatun Center Ade Dasep Zainal Abidin

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Baldatun (Balad Ade Dasep Turun) Center dalam pembinaan anak yatim. Melalui berbagai program yang diluncurkannya, Baldatun Center berhasil melahirkan para penghafal Al-Quran dari kalangan anak yatim.

banner 970x90

Pernyataan bupati itu disampaikan saat menghadiri Milad ke-6 Baldatun Center di aula Gedung BK3D Cibadak, Senin (7/2/2022). Bupati juga memberikan perhatian pada tema kegiatan milad tersebut yaitu ‘Dengan milad ke-6 Baldatun Center, kita wujudkan generasi akhlak Qurani berbasis anak yatim’.

“Baldatun Center konsisten melakukan pembinaan kepada anak yatim, terutama dalam konteks untuk melahirkan generasi yang memahami Al-Quran. Organisasi ini juga rutin memberikan bantuan kepada kalangan anak yatim. Kami sangat mengapresiasi gerakan ini,” kata bupati.

Di tempat kegiatan tampak hadir pendiri sekaligus penanggung jawab Baldatun Center, Ade Dasep Zainal Abidin, Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi H. Unang Sudarman, jajaran Muspika dari daerah pemilihan 3, dan para tamu undangan.

Sehari-hari Ade Dasep mengabdi sebagai anggota DPRD Kabupaten Sukabumi yang berangkat dari dapil 3 Cibadak dan sekitarnya.

Di dapil 3, lanjut Marwan, pembinaan terhadap anak yatim lebih intensif dibandingkan dapil lain karena adanya kiprah dan peran Baldatun Center. Pelaksanaannya terorganisir secara baik sehingga menjangkau semua desa yang ada di daerah pemilihan ini.

“Kami yakin Baldatun Center dapat mewujudkan cita-citanya yaitu melahirkan generasi akhlak Qurani berbasis anak yatim,” tuturnya.

Harapan bupati itu dijawab oleh Ade Dasep dengan mengatakan, dia dan jajaran Baldatun Center akan terus membina dan menyantuni anak yatim. Baldatun Center siap mewujudkan generasi akhlak Qurani berbasis anak yatim.

Ade Dasep menjelaskan, Milad ke-6 Baldatun Center diisi dengan berbagai acara sosial keagamaan seperti pemberian santunan untuk anak yatim. Kegiatan lainnya yang rutin dilaksanakan secara tetap adalah Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) dengan peserta anak yatim yang tinggal di dapil 3.

“Kegiatan MHQ ini diikuti sekitar 75 peserta yang semuanya merupakan anak-anak binaan Baldatun Center,” kata Ade Dasep.  

Sejalan dengan perkembangannya, lanjut dia, Baldatun Center berhasil mencetak 73 anak yatim binaan yang hafal Al-Quran Juz 30. Selain itu 43 orang hafal dua juz yakni Juz 29 dan Juz 30. Beberapa anak yatim telah mencapai hafalan yang lebih banyak lagi. (*)

Print Friendly, PDF & Email