Ratusan Peserta Ikuti Sekolah Bacaleg DPRD oleh PKS Kabupaten Sukabumi

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri (depan, ketiga dari kiri) bersama para peserta Sekolah Bacaleg yang diselenggarakan DPD PKS Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi menggelar Sekolah Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Sukabumi masa jabatan 2024-2029. Pada kegiatan itu, jumlah pesertanya mencapai 200 orang yang berasal dari kalangan kader, pengurus, anggota, dan masyarakat umum.

banner 970x90

Sekolah Bacaleg tersebut diresmikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Iyos Somantri bertempat di Gedung Disen, Cisaat, Sabtu (5/2/2022). Wabup menyatakan apresiasi terhadap kegiatan tersebut sebagai bagian dari pendidikan politik masyarakat.  

Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi, M. Sodikin, S.T. menjelaskan, Sekolah Bacaleg yang digelarnya tidak memungut biaya alias gratis.  Para peserta sebagian mendaftarkan diri melalui internet dan ada juga yang berasal dari kalangan pengurus dan kader.

“Tujuan diadakannya sekolah ini adalah untuk memastikan bahwa teman-teman yang nanti akan berjuang bersama-sama di DPRD Kabupaten Sukabumi bisa mendapatkan pemahaman yang sama terkait visi misi PKS,” kata Sodikin ketika dihubungi melalui telepon seluler, Ahad (6/2/2022).

Materi yang disampaikan kepada para peserta Sekolah Bacaleg, ujar dia, selain visi misi PKS juga meliputi berbagi aspek seperti idealisme, sosial, politik, nasionalisme, dan nilai-nilai luhur yang harus diperjuangkan.

“Nanti bagi mereka yang terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, kami akan memberikan pembekalan khusus terkait tugas dan fungsi anggota legislatif di daerah,” tutur Sodikin.  

Dengan adanya sekolah khusus tersebut, kata Sodikin, PKS mengharapkan para peserta memiliki bekal untuk menjalankan pengabdian sebagai wakil rakyat sehingga mereka dapat memberikan manfaat dan kontribusi bagi kemajuan Kabupaten Sukabumi.

“Pengetahuan dan wawasan yang didapat dari sekolah ini hendaknya diimplementasikan dalam kerja-kerja politik agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email