Karang Taruna Cicurug Gelar Pengukuhan Pengurus dan Simposium Kesos

oleh -
Para peserta simposium dan lokakarya pada pengukuhan dan pengesahan pengurus Karang Taruna Kecamatan Cicurug.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Karang Taruna Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi menggelar pengukuhan dan pengesahan jajaran pengurus Karang Taruna Cicurug. Pada kegiatan itu, Karang Taruna Kecamatan Cicurug juga menyelenggarakan simposium dan lokakarya bertema “Kolaborasi Antar Pihak dalam Membangun Kesejahteraan Sosial”.

banner 970x90

Pengukuhan dan pengesahan pengurus Karang Taruma Kecamatan Cicurug itu digelar di Aula Taman Rekreasi Cimalati, Cicurug, Rabu (2/2/2022). Para pengurus dikukuhkan oleh Camat Cicurug Ading Ismail selaku pembina Karang Taruna Kecamatan Cicurug. 

Di tempat pengukuhan tampak hadir Ketua Karang Taruna Kabupaten Sukabumi NS. Asep Arifin beserta jajaran pengurus. Asep mengucapkan selamat atas terselenggaranya pengukuhan pengurus Karang Taruna Kecamatan Cicurug.

Dalam arahannya, Camat Cicurug menyampaikan, penyelenggaraan simposium kesejahteraan sosial oleh Karang Taruna merupakan wujud dari kebulatan hati untuk mengangkat dan membangun kesejahteraan sosial masyarakat. Dalam rangka mewujudkan tekad yang mulia itu, kata Ading, Karang Taruna harus menggandeng dan bekerja sama dengan berbagai kalangan.   

Ketua Karang Taruna Kecamatan Cicurug Dadi Ruswandi yang akrab disapa Kang Jumali kepada awak media mengatakan, acara penguhukan dan pengesahan pengurus diisi dengan dialog antara Karang Taruna dengan berbagai kalangan dalam bentuk simposium. Pihak yang dilibatkan dalam dialog itu antara lain organisasi kepemudaan, instansi pemerintah, lembaga-lembaga kemasyarakatan, hingga swasta.

“Melalui dialog ini diharapkan akan lahir solusi untuk menghadapi isu-isu dan menyelesaikan permasalahan di segala bidang. Fokusnya pada tujuan meningkatkan kesejahteraan dengan mengangkat ekonomi kreatif, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta seni dan budaya yang ada di wilayah Kecamatan Cicurug,” tuturnya. 

Untuk mewujudkan tujuan itu, ujar dia, Karang Taruna tidak bisa berjalan sendirian, tetapi harus mengajak dan melibatkan berbagai kalangan di masyarakat. Karena itu Karang Taruna Cicurug akan terus berusaha keras untuk menyatukan segala potensi di tengah masyarakat.

“Kami mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi, bersatu, dan bersama-sama membangun Cicurug di berbagai sektor,” ungkapnya.

Simposium dan lokakarya, lanjut Kang Jumali, merupakan titik awal dalam mewujudkan tekad yang mulia untuk membangun masyarakat. Sebagai langkah pertama, dia dan rekan-rekannya akan membentuk Koperasi Karang Taruna yang cabang-cabangnya ada di setiap desa.

“Kehadiran koperasi ini untuk mendukung pembangunan ekonomi masyarakat, khususnya anggota Karang Taruna di tingkat desa,” ucapnya.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Cicurug Dadi Ruswandi yang akrab disapa Kang Jumali (kanan, berjaket biru) menyerahkan bantuan bibit pohon kepada salah satu pengurus Karang Taruna tingkat desa.

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan Karang Taruna dari setiap desa se-Kecamatan Cicurug, organisasi kepemudaan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cicurug, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cicurug, Ketua Forum ZIS Kabupaten Sukabumi H. Ade Daryadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudi Suryadikrama, dan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Agus Mulyadi serta sejumlah tokoh masyarakat. (*)  

Print Friendly, PDF & Email