Perlahan Tapi Pasti, Kumpulan Juru Parkir Perbaiki Jalan Bangbayang Cicurug

oleh -
Kang Koncleng bersama rekan-rekannya terus berjuang dalam memperbaiki Jalan Bangbayang demi mencegah kecelakaan di ruas jalan tersebut.

Wartawan Suryawan, S.E.

Perjuangan sekumpulan juru parkir dalam memperbaiki Jalan Bangbayang di Desa Bangbayang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi patut mendapat acungan dua jempol. Mereka bahu-membahu memperbaiki jalan yang kondisinya rusak dan banyak lubang dengan tenaga, waktu, dana yang mereka kumpulkan.

banner 970x90

Setiap hari, para juru parkir itu selalu bersiaga di tempat kegiatan untuk menaburkan campuran semen dan pasir pada bagian jalan rusak dan berlubang. Pergerakan mereka dipelopori oleh kang Koncleng bersama Kang Ujang. Mereka berpatungan atau mengumpulkan uang dari masyarakat untuk dibelikan semen, pasir, dan kerikil.  

“Perbaikan ini hanya sementara sebalum ada program perbaikan jalan dari pemerintah. Yang penting tidak terlalu banyak lubang di Jalan Bangbayang ini,” kata Koncleng ketika ditemui di tempat aktivitasnya, Rabu (2/2/2022).

Lubang-lubang tersebut, ujar dia, sering menimbulkan dan memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tidak jarang pengendara sepeda motor terjatuh karena kendaraannya terperosok ke dalam lubang dalam kecepatan yang cukup tinggi. Pengemudi sepeda motor tidak melihat adanya lubang di badan jalan.

“Kegiatan perbaikan jalan ini sudah berjalan sekitar satu bulan. Kadang-kadang kami menemui kesulitan dana. Kami tidak mengharapkan apa-apa. Kami hanya menginginkan jalan ini menjadi bagus dan tidak ada lagi kecelakaan akibat jalan butut,” ujar Koncleng.

Titik paling parah tingkat kerusakannya adalah tanjakan menuju jalan nasional sampai dengan pertigaan yang mengarah ke Desa Pasawahan dan Desa Tenjolaya. Di sepanjang jalur inilah Koncleng dan Ujang serta rekan-rekannya satu profesi juru parkir mengabdikan tenaga dan uang untuk memperbaiki jalan demi keselamatan pengemudi kendaraan bermotor.

Koncleng dan kawan-kawan bertekad untuk menuntaskan pekerjaan perbaikan jalan di sepanjang tanjakan. Tentu saja mereka harus menghadapi berbagai hambatan dan kesulitan, terutama menyangkut dana. Sering kali Koncleng kehabisan dana untuk membeli semen dan pasir. Tapi dia tidak putus asa, perjuangan terus dilanjutkan demi terwujudnya ruas jalan yang mulus di Jalan Bangbayang.

“Kami juga meminta dana kepada pengguna jalan seikhlasnya dan tidak ada pemaksaan. Banyak yang memberi, tapi ada juga yang tidak memperhatikan pekerjaan ini. Kami terus berjuang dan berjalan untuk menyelesaikan perbaikan jalan ini,” ungkap Koncleng. (*) 

Kegiatan perbaikan jalan di ruas Jalan Bangbayang menuju jalan nasional oleh kumpulan warga berjiwa sosial tinggi yang bekerja sebagai juru parkir.

Kang Koncleng bersama rekan-rekannya terus berjuang dalam memperbaiki Jalan Bangbayang demi mencegah kecelakaan di ruas jalan tersebut.  

Print Friendly, PDF & Email