Dua Warsa Mengabdi di Kuburan, Bah Udin Sering Mendapat Isyarat dari Alam Kematian

oleh -
Bah Udin Hasanudin (kanan) bersama wartawan sukabumionline.net yang meliput kegiatan pria sepuh itu di kuburan.
Sehari-hari Bah Udin menghabiskan waktu di kuburan untuk menjaga kebersihan areal tempat pemakaman.

Wartawan Suryana, S.E.

Nama Bah Udin Hasanudin (65) sudah menjadi legenda di Kampung Lemburkolot RT 05 RW 05 Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Semua warga mengenalnya sebagai pengabdi di kuburan di kampungnya. Bah Udin sudah 20 tahun atau dua dasa warsa bertugas untuk menjaga dan membersihkan kuburan. Dia juga membuat lubang kuburan.

banner 970x90

“Menjadi penjaga kuburan harus ikhlas demi kepentingan umat. Karena itu saya bekerja tidak memandang upah atau gaji. Saya akan terus mengabdi di tempat ini,” kata Bah Udin ketika ditemui di pemakaman Kampung Lemburkolot, Ahad (30/1/2022).

Dalam satu bulan, dia mendapat bantuan uang dari DKM Darul Ulum Tarikolot sebesar Rp200 ribu. Bah Udin juga sering mendapat upah untuk penggalian lubang kubur antara Rp25 ribu sampai dengan Rp100 ribu. Tentu saja penghasilan yang didapatnya itu terlampau kecil dibandingkan tugas yang harus dikerjakannya.

“Rezeki itu sudah diatur oleh Allah. Selama kita hidup, Gusti Allah akan memberikan rezeki,” ungkapnya.  

Tanggung jawab Bah Udin dalam mengurus kuburan tidak bisa dipandang enteng. Dia mengurus lahan pemakaman yang luasnya 4.000 meter persegi dengan kuburan kira-kira 300 unit.

Dari pekerjaan yang ditekuninya itu terkadang Bah Udin mengalami kejadian-kejadian di luar nalar dan akal manusia. Menurutnya dia sering mendengar suara menggelegar dari arah pemakaman. Beberapa jam kemudian ada warga yang meninggal dunia. Suara itu seperti pertanda adanya warga yang akan berangkat menuju alam kubur.

“Tadi malam muncul lagi suara itu kira-kira pukul 2 janari. Kemudian dua jam setelah itu terdengar pengumuman dari speaker masjid yang menyebutkan ada warga yang meninggal dunia,” tuturnya.   

Tapi tidak semua kematian yang terjadi memberikan tanda kepada penggali kubur. Dalam melaksanakan tugas membuat lubang kubur, Bah Udin sering mendapat bantuan dari 6 sampai 8 orang lainnya.

Sepanjang tahun 2021, Bah Udin telah mengurus 14 jenazah untuk dikuburkan. Sementara pada bulan Januari 2022, dia sudah menangani 4 warga yang pergi ke alam barzah. (*)

Print Friendly, PDF & Email