Perkuat Pertahanan Negara, TNI AU Gelar Pembinaan Potensi Kedirgantaraan

oleh -
Kegiatan sosialisasi Komcad dan potensi kedirgantaraan di Satuan Radar 216 Cibalimbing, Surade, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Dicky Sopyan

Mabes TNI Angkatan Udara (AU) menggelar bakti sosial (baksos) serta pengawasan dan sosialisasi pembinaan potensi kedirgantaraan bertempat di Satuan Radar (Satrad) 216 Cibalimbing Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan baksos dan sosialisasi Komcag dihadiri Kepala Pusat Potensi Kedirgantaraan (Kapuspotdirga) TNI AU, Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto, M.B.A, M.Si. (Han).

banner 970x90

Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, Kamis (27/1/2022) dan Jumat (28/1/2022). Pada kegiatan itu diselenggarakan sosialisasi Komponen Cadangan (Komcad), Pramuka Saka Dirgantara, dan Gerakan Cinta Dirgantara. Adapun baksos berupa pembagian paket sembako untuk warga kurang mampu di sekitar Satrad 216.  

Kapuspotdirga Marsma Fajar Adriyanto menyampaikan, sosialisasi yang digelarnya merupakan program kerja tahunan Puspotdirga. Penyelenggaraannya dilakukan secara bergantian di teritorial satuan-satuan TNI AU.

“Tujuan dari penyelenggaraan pembinaan potensi kedirgantaraan ini adalah untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kedirgantaraan dan memberdayakan potensi nasional agar menjadi kekuatan yang dapat membantu dan memperkuat komponen utama pertahanan udara,” kata Marsma Fajar.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat akan  memahami tugas dan kewajiban Komcad serta mengetahui bahwa mempertahankan negara merupakan kewajiban setiap warga negara.  

Perwira tinggi bintang satu TNI AU itu juga menyerahkan parasut dan drone kepada Satrad 216 Cibalimbing. Pemberian perlengkapan itu bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat di wilayah Kabupaten Sukabumi terhadap olahraga kedirgantaraan.

Narasumber pada sosialisasi antara lain untuk materi Komcad adalah Kolonel Kal Najamudin, S.E., materi Pramuka Saka Dirgantara adalah Kolonel Kes Drs. Irwanto,  dan materi sosialisasi Gerakan Cinta Dirgantara adalah Kolonel Kes Drs. Wesley Sirait.

Dalam sambutannya, Dansatrad 216 Cibalimbing Mayor Lek Zendra Mawan Leksana, S.T., M.Eng., M.Tr.SOU. menjelaskan, pertahanan negara tidak cukup hanya melibatkan unsur militer saja, tetapi juga melibatkan unsur pemerintah dan masyarakat.

Adanya Komcad, ujar dia, dapat memperkuat komponen utama yang dalam hal ini TNI dalam menyelenggarakan fungsi pertahanan negara, khususnya di wilayah udara yang menjadi tanggung jawab TNI AU.

“Sebagai komponen utama dalam pertahanan negara, TNI AU tidak akan bisa berdiri sendiri. Untuk itulah diperlukan kemanunggalan TNI dengan rakyat  yang merupakan komponen cadangan dalam terselenggaranya pertahanan negara,” ujarnya. 

Pertahanan negara, ujar dia,  merupakan kewajiban setiap warga negara Indonesia seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara. Dalam UU itu disebutkan, komponen pertahanan negara terdiri dari komponen utama (TNI), komponen cadangan, dan komponen pendukung.

Selain Kapuspotdirga dan Dansatrad 216 Cibalimbing, di tempat kegatan tampak hadir Dirbidkomsos Puspotdirga Kolonel Kal Najamudin, S.E. , Dirbidnatdirga Puspotdirga Kolonel Kes Drs. Irwanto, Dirbidbakti Puspotdirga Kolonel Kes Drs. Wesley Sirait, dan Kasubditsakadirga Ditbidnatdirga Puspotdirga Letkol Tek Nurfaizal, S.T.

Juga hadir personel Satrad 216 Cibalimbing, Saka Dirgantara Satrad 216 Cibalimbing, Muspika Surade, serta perwakilan siswa sekolah beserta guru dan ormas di wilayah Kecamatan Surade dan Kecamatan Ciracap. (*)

Print Friendly, PDF & Email