Resmikan Musrenbang Kecamatan Lembursitu, Wali Kota Mendorong Pengembangan Pariwisata

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi menyampaikan arahan dan harapan pada pembukaan Musrenbang tahun 2023 tingkat Kecamatan Lembursitu.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mengharapkan adanya pembangunan yang lebih masif di sektor pariwisata di wilayah Kecamatan Lembursitu. Sebab wilayah Lembursitu merupakan kecamatan andalan untuk pengembangan pariwisata.

banner 970x90

Pernyataan Wali Kota Sukabumi itu disampaikan pada pembukaan Musrenbang tahun 2023  tingkat Kecamatan Lembursitu di Kantor Kecamatan Lembursitu, Senin (24/1/2022).

Keinginan wali kota tersebut didasari potensi kepariwisataan yang bisa terus berkembang di wilayah Kecamatan Lembursitu. Di kecamatan yang memiliki bentangan sungai dan perbukitan ini terdapat banyak objek wisata seperti objek wisata air panas Cikundul dan taman tematik yang ada di Kelurahan Sindangsari.

“Mudah-mudahan harapan saya ini sejalan dengan usulan yang disampaikan pada Musrenbang ini dan nanti disinkronkan dengan Bappeda untuk mendapatkan pengalokasian anggaran di tahun 2023 mendatang,” kata Fahmi. 

Menanggapi keinginan wali kota tersebut, Camat Lembursitu, Deni Ahmad mengatakan, harapan kepala daerah itu sesuai dengan hasil rembuk warga dan Musrenbang tingkat kelurahan. Usulan-usulan dari kelurahan sejalan dengan isu-isu strategis di Kota Sukabumi, salah satunya pariwisata yang masuk usulan skala prioritas. 

“Memang sektor wisata kami prioritaskan dalam Musrenbang ini karena memiliki dampak terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah,” kata Deni.

Pada Musrenbang tingkat Kecamatan Lembursitu itu terdapat 25 usulan untuk kegiatan fisik dan 26 usulan nonfisik. Sektor pariwisata sebelumnya diajukan pada Musrenbang tahun lalu. Namun realisasinya terkendala refocusing anggaran untuk penanganan wabah Covid-19. Usulannya diajukan kembali agar bisa terealisasi pada tahun 2023.

“Selain pembangunan sektor pariwisata kami juga memprioritaskan pembangunan saluran irigasi mengingat wilayah Lembursitu merupakan salah satu lumbung padi di Kota Sukabumi. Kami terus berupaya untuk melakukan penyelamatan lahan-lahan persawahan dan tetap mengacu pada isu strategi pembangunan,” tuturnya.

Pada musrenbang Kecamatan Lembursitu turut hadir kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah dan anggota DPRD Kota Sukabumi dari Dapil 2 (Kecamatan Lembursitu, Baros, dan Cibeureum) yakni Bambang Herawanto dari Fraksi Partai Nasdem. (*)

Print Friendly, PDF & Email