Rusak Berat, Satu Ruangan di SDN Karangbentang Jadi Sarang Rinyuh

oleh -
Kondisi salah satu ruangan kelas di SDN Karangbentang benar-benar tidak layak pakai dengan lantai, dinding, dan atap sudah rusak parah.

Wartawan Ari Dadan Ajo (Kang ADA)

Kabar menyedihkan datang dari SDN Karangbentang di Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. SD ini mengabarkan, salah satu ruang kelasnya dalam kondisi amburadul karena rusak berat. Sudah dua tahun lamanya, ruangan kelas tersebut tidak digunakan alias menganggur karena memang tidak layak pakai. Ruangan kelas ini menjadi sarang rinyuh atau rayap.

banner 970x90

“Kami tidak dapat berbuat banyak untuk memperbaiki ruangan kelas yang rusak parah. Sampai sekarang belum ada perhatian dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi,” kata Kepala SDN Karangbentang, Jaenudin, S.Pd. di tengah kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk anak di sekolah tersebut, Senin (24/1/2022).

Kondisi terkini ruangan kelas tersebut, banyak tegel keramik yang copot dari kedudukannya pada lantai. Bagian atapnya bolong-bolong dan dindingnya retak-retak. Bagian-bagian kayunya tidak ada yang utuh karena habis dijadikan tempat pesta rayap. Kerusakan juga terjadi pada tembok di belakang sekolah yang sudah retak.

“Sudah dua tahun kelas itu tidak digunakan. Daripada menimbulkan masalah pada kami, itu ruangan dikosongkan saja,” ujar Jaenudin.

Sampai sekarang, lanjut dia, belum ada pejabat atau staf Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi yang datang untuk melihat kondisi ruangan kelas yang rusak. Jaenudin pun mengajukan permohonan kepada dinas agar segera meluncurkan program perbaikan untuk ruangan kelas yang rusak tersebut.  

Seorang aktivis yang mengenakan berbagai atribut mengantar anaknya yang mengikuti vaksinasi di SDN Karangbentang.

Sementara Ketua Komite Sekolah SDN Karangbentang, Saepuloh menyatakan, selama ini pihaknya melakukan penanggulangan dengan perawatan alakadarnya karena tidak punya dana. Hasilnya tentu saja tidak maksimal, ruangan kelas itu tetap amburadul dan acak-acakan.

Hari ini, SDN Karangbentang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 untuk para siswanya. Pada kegiatan ini, tima vaksinator didatangkan dari Puskesmas Cidolog. Jumlah sasaran vaksinasi tersebut sebanyak 68 orang siswa. (*)

Print Friendly, PDF & Email