Ribuan Mantan Karyawan GSI 1 Cikembar Ingin Bekerja Kembali

oleh -
Bekas karyawan PT GSI 1 Cikembar yang merupakan korban PHK massal dua tahun lalu mengajukan lamaran agar dapat diterima kembali menjadi pekerja di pabrik sepatu tersebut.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Ribuan bekas karyawan PT Glo Star Indonesia (GSI) 1 yang pabriknya terletak di wilayah Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi beramai-ramai melamar kerja ke perusahaan tersebut. Namun sampai sekarang, harapan dan keinginan mereka untuk menjadi pekerja kembali belum mendapat respon dari PT GSI 1 Cikembar.

banner 970x90

Guna mewujudkan keinginannya itu, sekitar 1.500 mantan karyawan itu membentuk Forum Mantan Karyawan PT GSI Yang Ingin Bekerja Kembali (Formakasi YIBK). Melalui Formakasi YIBK, mereka mengajukan lamaran massal untuk menjadi karyawan PT GSI 1 kembali.

“Kami menginginkan dapat bekerja kembali setelah dikenai PHK massal. Dalam memenuhi keinginan ini, kami menempuh prosedur seperti pelamar lainnya yakni melamar dengan segara persyaratan,” kata Ketua Formakasi YIBK Arif Marudin melalui telepon seluler, Rabu (19/1/2022).

Formakasi YIBK, ujar dia, beranggotakan kira-kira 1.500 orang. Semuanya merupakan mantan karyawan yang kena PHK massal pada bulan Oktober 2020. Setelah menganggur sekitar hampir dua tahun, Arif dan rekan-rekannya ingin bekerja kembali di perusahaan yang memproduksi sepatu merek Adidas tersebut.

“Namun sayangnya pihak perusahaan telah memblack list kami. Kami dimasukkan ke dalam daftar hitam. Hal inilah yang ingin kami ketahui penyebab kami dimasukkan black list,” ujar Arif.

Untuk itu, Formakasi YIKB berupaya untuk menggelar audiensi dengan manajemen PT GSI. Tidak hanya sekali, Aris telah mengajukan permintaan audiensi sebanyak dua kali. Namun permintaan tersebut belum dikabulkan dengan berbagai alasan yang diajukan pihak manajemen perusahaan.

“Kami masih menunggu niat baik perusahaan sebesar PT GSI 1 Cikembar karena niat kami pun baik-baik. Permintaan kami wajar-wajar saja, tidak ada yang aneh-aneh,” tutur dia.

Tuntutan Formakasi YIKB, lanjut Arif, hanya ingin solusi dari pihak perusahaan untuk memenuhi keinginan para mantan karyawan. Bagaimana caranya rekan-rekan di Formakasi YIKB dapat bekerja kembali di pabrik PT GSI 1 Cikembar. (*)

Print Friendly, PDF & Email