Pohon Kiacret Runtuh, Jalan Cimalati Tertutup Satu Jam

oleh -
Para petugas menanggulangi pohon tumbang di Jalan Cimelati, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Suryana, S.E.

Sebatang pohon tua di Jalan Cimelati, Cicurug, Kabupaten Sukabumi  tiba-tiba runtuh di tengah cuaca terang bernderang, Jumat (14/1/2022). Tanpa hujan tiada angin, pohon yang menurut keterangan penduduk setempat telah berumur 100 tahun itu tumbang dari pangkal batang. Akibatnya Jalan Cimelati tertutup selama kurang lebih satu jam.

banner 970x90

Berdasarkan informasi yang dihimpun di tempat kejadian, pohon yang tumbang itu jenis pohon kiacret. Ada juga yang menyebut pohon crutcrutan, pohon muncrat, dan pohon tolbray. Warga menyaksikan bagian bawah batang pohon telah keropos dan menyisakan lubang yang cukup besar.

Awalnya warga sekitar mendengar suara pohon berderak diikuti suara dentuman yang cukup keras ke atas tanah. Ternyata pohon kiacret telah tumbang. Batangnya merintangi jalan dan ujungnya menimpa tembok pagar rumah milik warga bernama Rio.

Lokasi kejadian di sebelah kanan jalan dari arah Cicurug menuju Cimelati dengan jarak sekitar 200 meter dari jalan nasional. Pohon tersebut berada di pinggir jalan yang diapit kios-kios penjual makanan, bengkel, dan toko gipsum. Letak pohon berada di seberang sebelum SMK Parindo Cicurug.

“Saya mendengar suara pohon berderak. Tadinya dikira pohon yang di dekat kios saya, ternyata pohon yang sudah tua itu. Jaraknya sekitar 20 meter dari tempat saya berjualan,” kata Ukat, pedagang es kelapa di Jalan Cimelati.

Setelah runtuh, pohon merintangi jalan. Untunglah saat itu arus kendaraan tidak terlalu ramai karena sebagian besar warga sesang menunaikan ibadah shalat Jumat. Kendaraan dari kedua arah berputar kembali ke arah asal.

Tidak berapa lama, datanglah tim dari PN dan petugas pemadam kebakaran. Para petugas bahu-membahu memotong kayu dan membetulkan kabel listrik dan telepon yang tertimpa pohon. Satu jam kemudian, arus lalu lintas kembali lancar. (*)

Print Friendly, PDF & Email