Diskominfo Persandian Kabupaten Sukabumi Kunjungan Kerja ke Bandung

oleh -
Sekretaris Diskominfosan Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri (ketiga dari kiri) bersama jajaran di Diskominfo Provinsi Jawa Barat.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Guna menyelaraskan program kerja tahun 2022, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi mengadakan pertemuan dengan Diskominfo Provinsi Jawa Barat di Jalan Tamansari Nomor 55 Kota Bandung. Salah satu materi yang dibahas dalam pertemuan itu adalah struktur organisasi dan tata kerja pada Diskominfo dan pengelolaan data.  

banner 970x90

“Kami mengadakan kunjungan kerja ke Bandung dalam rangka membangun sinergitas dan kolaborasi yang relevan dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi,” kata Sekretaris Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri Sobandi di tengah kunker di Bandung, Selasa (11/1/2022).

Salah satu tujuan kunjungan rombongan yang dipimpinnya, ujar dia, untuk menyelaraskan program dan kegiatan yang akan direalisasikan pada tahun anggaran 2022. Terkait dengan itu juga dilakukan pembahasan tentang struktur organisasi dan tata kerja yang baru.  

“Dalam struktur yang baru, urusan pengelolaan statistik meningkat statusnya menjadi bidang sehingga kewenangannya lebih besar dibandingkan sebelumnya yang berstatus subbidang,” kata Herdy yang akrab disapa Bima tersebut.

Rombongan dari Sukabumi diterima langsung oleh Sekretaris Diskominfo Provinsi Jawa Barat  Gilang Sailendra, S.STP., M.Si. bersama para kepala bidang. Pada pertemuan itu tim dari Diskominfosan juga menyampaikan harapan dan keluhan masyarakat terkait blank spot di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulilah kami diberi kesempatan untuk menyampaikan beberapa harapan terkait kebutuhan masyarakat tentang pelayanan publik digital, strategi mengatasi area blank spot, dan termasuk pemenuhan data statistik,” ujar Bima. 

Sementara itu dalam penyambutannya Gilang Sailendra menyampaikan paparan seputar pengolahan data. Gilang mengatakan, Gubernur Jabar selalu menyampaikan ekspos berdasarkan data. Karena itu sering kali gubernur mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan atas paparan by data tersebut. Salah satu tugas Diskominfo adalah memasok data kepada pimpinan daerah dan perangkat daerah yang lainnya.

Selanjutnya Kepala Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jabar Ida Ningrum, S.Si., M.Pd. menyampaikan ekspos terkait strategi kompilasi data, analisis dan pengolahan serta layanan data.  

“Intinya Diskominfo Provinsi Jawa Barat berkomitmen bersama perangkat daerah dengan dorongan kuat dari Bapak Gubernur sehingga setiap perangkat daerah bisa menyampaikan data kepada wali data yang dalam hal ini Diskominfo,” jelasnya.

Ida Ningrum meminta Diskominfo Kabupaten Sukabumi untuk menyiapkan dan mendorong bagi terbitnya Surat Keputusan Bupati Sukabumi tentang pengelolaan data. Dalam hal ini Diskominfo Kabupaten Sukabumi selaku wali data. (*) 

Print Friendly, PDF & Email