Cegah Omicron, Pemkot Sukabumi Siapkan Ruang Karantina di Gedung Korpri

oleh -
Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Sukabumi Lulis Delawati.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Upaya Pemkot Sukabumi dalam menghalau dan mencegah penyebaran Virus Corona jenis Omicron ditempuh dengan berbagai cara. Salah satunya dengan pemberlakukan prosedur karantina bagi warga Kota Sukabumi yang bari pulang dari luar negeri. Walaupun sudah menjalani karantina di Jakarta, warga tersebut tetap harus berdiam di tempat karantina selama 10 hari.

banner 970x90

“Tempatnya sudah disiapkan di Gedung Korpri di Jalan Pelabuhan 2 Lembursitu.  Mereka yang baru pulang dari luar negeri harus mengikuti karantina selama 10 hari,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Sukabumi Lulis Delawati, Selasa (11/1/2022).

Untuk melacak warga yang baru pulang dari luar negeri, Pemkot Sukabumi akan bekerja sama dengan Satgas Covid-19 pusat untuk meminta data warga Kota Sukabumi yang masuk tempat karantina di Jakarta. Petugas dari Dinkes kota akan menyiapkan prosedur untuk proses karantina di Gedung Korpri bagi warga yang terdaftar baru pulang dari luar negeri.

Meskipun belum ada kasus terpapar Omicron di Kota Sukabumi, ujar dia, Pemkot Sukabumi telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapinya. Dinkes melakukan peningkatan kesiapan pelayanan fasilitas kesehatan di rumah sakit dan menggencarkan 3T.

“Ketika ditemukan kasus yang dicurigai Omicron, kami akan melakukan pengecekan melalui whole genome sequensing yang bekerja sama dengan Labkesda Provinsi Jabar atau Litbangkes. Apalagi jika warga yang dicurigai itu memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri ataupun ke daerah yang terjadi kasus Omicron,” jelas Lulis. (*)

Print Friendly, PDF & Email