Gubernur Resmikan Pasar Rakyat Jabar Juara di Lembursitu

oleh -
Gubernur Jawa Barat HM. Ridwan Kamil (kedua dari kanan) menandatangani prasasti Pasar Lembursitu didampingi Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi (tengah).

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemprov Jawa Barat membangun pasar rakyat di Lembursitu, Kota Sukabumi yang tujuannya agar masyarakat gemar berbelanja ke pasar tradisional. Dengan bangunan yang menghabiskan dana dari APBD Jawa Barat sebesar Rp10 miliar, diharapkan Pasar Lembursitu dapat menjadi tujuan berbelanja masyarakat di Kota Sukabumi yang maju dan bersih.

banner 970x90

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat HM. Ridwan Kamil saat meresmikan Pasar Rakyat Jawa Barat Juara di Lembursitu, Kota Sukabumi, Sabtu (8/1/2022). Pasar Rakyat Jabar Juara, ujar gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu harus menjadi tempat belanja umum yang asalnya kumuh menjadi bersih.

”Pasar Rakyat Jabar Juara ini bantuan provinsi dengan dana sebesar Rp10 miliar. Pasar ini yang tadinya kumuh sekarang lebih bersih. Kami harapkan ke depan tidak ada lagi pasar tradisional yang becek dan kumuh,” ujar Kang Emil.   

Gubernur mendorong warga Sukabumi untuk berbelanja ke pasar agar ekonomi rakyat meningkat. Apalagi Pasar Lembursitu sekarang mengalami banyak kemajuan, gedungnya menjadi bagus dan lingkungannya bersih. Dia mengharapkan pedagang dan pengunjung pasar tradisional selalu menjaga kebersihan lingkungan terdekatnya masing-masing.  

“Pada tahun 2021, Pemprov Jabar membangun 23 pasar seperti Pasar Lembursitu. Dalam wawancara dengan para pedagang didapat informasi bahwa mereka senang dengan dibangunnya pasar,” tutur gubernur.  

Rencananya Pasar Lembursitu dapat menampung sekitar 80 pedagang. Untuk harga sewa tempat berdagang, gubernur mengatakan, hal itu masih dihitung agar dapat mencapai harga sewa yang paling murah, wajar, dan menguntungkan pedagang. Sebaiknya pedagang lama tetap difasilitas dan pedagang baru dipersilakan masuk ketika kios atau los masih tersedia.

”Selamat Kota Sukabumi punya pasar baru yang lebih kinclong,” kata Kang Emil.

Di tempat peresmian Pasar Lembursitu tampak hadir Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami, unsur Forkopimda Kota Sukabumi, Duta Pasar Rakyat Jabar Atalia Praratya, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi. 

Dalam kesempatan itu Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan bersyukur atas terwujudnya Pasar Rakyat Jabar Juara di Lembursitu yang merupakan program Gubernur Jabar di Kota Sukabumi. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Kang Emil atas terwujudnya program pasar rakyat.  

“Pasar ini memiliki 52 kios dan 26 los. Peminat sudah banyak dan kini tengah proses penaksiran harga sewa kios dan los,” kata Fahmi.

Wali kota juga mengatakan tahun 2021 Kota Sukabumi banyak menerima bantuan keuangan untuk pembangunan infrastruktur dari Pemprov Jabar. Selain Pasar Lembursitu, infrastruktur yang dibangun provinsi terdiri dari Lapangan Merdeka dan Alun-alun Kota Sukabumi. Dalam waktu dekat juga Rumah Sakit Al-Mulk. (*)

Print Friendly, PDF & Email