Bawa Misi Rekan-rekan Sejawat, Empat Kades dari Pajampangan Berangkat ke Solo

oleh -
Para kades dari Dapil 6 yang berangkat ke pertemuan di Solo dari kiri ke kanan Kades Sukamaju Dedih Supadi, Kades Cipeundeuy Bakang Anwar As'adi, Kades Mekarsari Udon, dan Kades Purwasedar Deri Riyana.

Wartawan M. Dicky Sopyan

Empat kepala desa dari Dapil 6 Kabupaten Sukabumi mewakili rekan-rekan sejawatnya berangkat ke Solo, Jawa Tengah untuk menghadiri pertemuan Aliansi Desa Indonesia (ADI). Mereka berada di Solo selama dua hari berturut-turut dari Sabtu sampai Ahad, 8-9 Januari 2022.

banner 970x90

Keempat kepala desa dari Dapil 6 itu terdiri dari Kepala Desa Sukajadi Kecamatan Cimanggu Dadih Supadi, Kepala Desa Purwasedar Kecamatan Ciracap Deri Riyana, Kepala Desa Mekarsari Kecamatan Ciracap Udon, dan Kepala Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade Bakang Anwar As’adi.

Dapil 6 mencakup kecamatan-kecamatan yang ada di jantung geopark antara lain Jampangkulon, Surade, Ciracap, Ciemas, Cimanggu, dan Tegalbuleud.   

“Kami berangkat dari Jampang setelah Jumat melalui jalur selatan,” kata Kades Bakang ketika dihubungi lewat telepon seluler.

Pertemuan ADI diselenggarakan di Hotel Lor ln Kota Solo. Agendanya membahas pengusulan perubahan Perpres Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022. Para kades akan mengajukan usulan kepada pemerintah pusat terkait kewajiban menyalurkan BLT dari Dana Desa. 

Selain itu, pertemuan ADI juga membahas perumusan tindakan sistem koordinasi, sistem komunikasi, dan perumusan rekomendasi ke pemerintah pusat. Para peserta pertemuan akan memberikan masukan dan pandangan kepada pusat tentang pelaksanaan dan pembiayaan pembangunan di desa.

“Kami para kades mengharapkan pemerintah pusat memahami kondisi di desa. Kami telah membuat rencana kegiatan pembangunan yang harus segera dilaksanakan sesuai harapan masyarakat,” tutur Bakang.  

Mudah-mudahan, ujar dia, pertemuan di Solo bisa menghasilkan keputusan yang diakomodir oleh Jakarta untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di desa. (*)

Print Friendly, PDF & Email