Dinsos Siap Luncurkan Program Kampung Siaga Bencana dan Gencarkan Penanganan Masalah Sosial

oleh -
Para petugas gabungan dan relawan melaksanakan kegiatan penjangkauan PPKS di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi dalam rangka mengembalikan sasaran kepada keluarganya.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi akan meluncurkan program pengembangan Kampung Siaga Bencana (KSB) yang bekerja sama dengan Kementerian Sosial. Bersamaan dengan itu Dinsos juga terus menggencarkan program penjangkauan untuk Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

banner 970x90

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Sukabumi, Abdul Muiz kepada wartawan, Kamis (6/1/2022) menjelaskan, KSB akan dibentuk di setiap kelurahan. Jadi nantinya di wilayah Kota Sukabumi terdapat 33 KSB sama dengan jumlah kelurahan.

“Salah satu tujuan KSB adalah untuk mensosialisasikan penanggulangan bencana dan memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai kesiapsiagaan serta penanganan bencana alam,” kata Abdul.

Diharapkannya KSB dapat menggerakkan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana. Dengan demikian, KSB bisa menjadi pendorong penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia. 

Berkaitan dengan penjangkauan PPKS, Abdul menjelaskan, Dinsos melakukan berbagai kegiatan dalam penanganan masalah sosial. Bentuknya antara lain penanganan terhadap gelandangan dan pengemis serta penyaluran bantuan untuk warga yang membutuhkan alat bantu seperti kaum disabilitas.

“Kegiatan penjangkauan ini melibatkan Tagana Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi. Penjangkauan PPKS merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dua kali dalam seminggu,” jelas dia.

Sebagai tindak lanjut dari penjangkauan, kepada para PPKS yang dijangkau atau ditangani diberikan pembinaan serta nantinya akan dikembalikan kepada pihak keluarga. Dalam kegiatan penjangkauan, para petugas dan relawan mengedepankan cara-cara persuasif dan sopan santun. (*)

Print Friendly, PDF & Email