Pemdes Tegallega Siap Selesaikan Program Renovasi RTLH

oleh -
Peninjauan oleh tim gabungan ke lokasi renovasi RTLH di Desa Tegallega, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. Tampak paling kiri adalah Ketua LPM Desa Tegallega Madtasim, tim monitoring dari Dinsos Kabupaten Sukabumi Dani (kedua dari kiri), dan Babinsa Serka Ajidin.

Wartawan Ari Dadan Ajo (Kang ADA)

Pemdes Tegallega, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi mendapat jatah bantuan untuk program renovasi RTLH (rumah tidak layak huni) sebanyak 40 unit. Dari target tersebut, pelaksana pembangunan mulai mengerjakan dan sebagian rumah telah mendekati selesai pembangunannya.

banner 970x90

Dana untuk renovasi RTLH itu berasal dari Pemprov Jawa Barat dengan besaran Rp17,5 juta untuk tiap rumah. Alokasi dari dana sebesar itu Rp17,5 juta untuk material bangunan, Rp700 ribu untuk pekerja dan tukang, dan sebesar Rp300 ribu untuk operasional panitia.

“Kami siap menyelesaikan renovasi 40 unit RTLH yang didanai provinsi. Sampai sekarang pembangunan masih berlanjut. Kami dengan Pemerintah Desa Tegallega sungguh-sungguh memfasilitasi pelaksanaan pembangunan RTLH,” kata Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Desa Tegallega, Madtasim kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Madtasim optimis, renovasi 40 unit RTLH dapat diselesaikan tepat waktu. LPM akan bergandengan tangan dengan perangkat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tim monitoring, tim verifikasi, dan unsur lainnya dalam merampungkan renovasi RTLH sesuai target.

Salah satu RTLH yang hampir selesai renovasinya akan menjadi tempat tinggal yang layak huni.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Tegallega, Hanep Sadili menyatakan, dia dan jajarannya bersama unsur terkait lainnya siap bekerja keras, bekerja tuntas, dan bekerja ikhlas menyelesaikan program renovasi RTLH tersebut. Hanep memasang target yang tidak bisa ditawar-tawar: semua RTLH yang mendapat bantuan harus menjadi rumah layak huni.  

“Kami bersyukur atas lancarnya pelaksanaan kegiatan renovasi RTLH. Itu artinya para penerima bantuan dan masyarakat dapat memanfaatkan dana bantuan dengan sebaik-baiknya. Masyarakat memberikan bantuan dalam bentuk tenaga secara gotong royong,” tutur Hanep.

Karena bantuan sifatnya stimulan, lanjut dia, dalam proses pembangunan RTLH penekanannya pada partisipasi masyarakat. Syukurlah, kata dia, kepedulian masyarakat terhadap program tersebut sangat tinggi sehingga target pembangunan RTLH dapat tercapai.

Untuk teknik pelaksanaan pembangunan, Kades Tegallega menyerahkan hal itu  sepenuhnya kepada Ketua LPM beserta jajarannya. Dia percaya Madtasim dan rekan-rekan dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik, tulus, dan tuntas.  

“Kami Kantor Desa Tegallega mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jabar yang telah menyalurkan bantuan renovasi RTLH dan Pemkab Sukabumi yang memfasilitasi penyalurannya. Kami juga mengapresiasi warga yang telah membantu pembangunan RTLH,” ucapnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email