Wabup Pimpin Rapat Pematangan Rencana Pembangunan Gudang Jagung

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri ketika memimpin rapat tindak lanjut rencana pembangunan gudang jagung di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemkab Sukabumi akan terus akan mendorong produktivitas jagung sehingga komoditas karbohidrat ini akan menjadi brand bagi Kabupaten Sukabumi. Faktor positif dari upaya ini adalah produktivitas jagung dapat menyejahterakan masyarakat, khususnya petani.

banner 970x90

Hal itu dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri saat memimpin rapat tindak lanjut rencana pembangunan gudang jagung di wilayah Kabupaten Sukabumi bertempat di Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Jalan Kadupugur, Cicantayan, Selasa (4/1/2022). Kehadiran gudang jagung, kata Iyos, dapat memperkuat branding Kabupaten Sukabumi sebagai penghasil jagung.

“Gudang jagung ini sangat dibutuhkan sebagai tempat penyimpanan terutama saat produksi jagung melimpah. Fungsinya bisa juga menjaga kualitas produksi sekaligus membantu stabilisasi harga komoditas serta menjaga ketahanan pangan,” kata wabup.

Untuk mencukupi kebutuhan jagung, ujar dia, diperlukan analisis yang dilakukan bersama-sama oleh berbagai perangkat daerah seperti Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian. Dalam proses analisis tersebut juga diperlukan kehadiran para ahli pertanian tanaman pangan.

“Kita ingin dari Kabupaten Sukabumi Sukabumi ada komoditas unggulan selain padi, ya salah satunya jagung.  Tujuannya tiada lain untuk meningkatkan kesejahteraan para petani,” kata wabup. 

Menurutnya, kalau jagung bisa dijadikan komoditas unggulan, dia yakin hal itu dapat mendorong dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Iyos setuju segera dibuatkan analisis ilmiah tentang manfaat dan fungsi gudang jagung  supaya bisa segera terealisasi dan  berfungsi secara efektif.

“Kita semua menginginkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Sukabumi dapat meningkat melalui komoditas jagung. Apalagi luas areal pertanian di daerah kita cukup luas.  Ke depan kita harapkan jagung dari Sukabumi brandingnya dikenal dengan baik dan sejajar dengan-daerah daerah lain yang telah memiliki branding jagung,” jelas wabup. (*)

Print Friendly, PDF & Email