Camat Kadudampit: Kalau Ingin Maju, Bumdes Jangan Latah

oleh -
Camat Kadudampit Endang Suherman (tengah) bersama pengurus Bumdes yang berasal dari desa-desa di Kecamatan Kadudampit.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Kunci kesuksesan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) terletak pada kreativitas dan inovasi dari para pengurusnya dalam mengembangkan usaha. Hendaknya pengelola Bumdes jangan latah atau meniru usaha Bumdes di desa lain yang telah sukses memajukan usahanya. Cari sektor usaha lain yang prospektif dan mendapat sambutan dari masyarakat.

banner 970x90

Hal itu dikatakan oleh Camat Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Endang Suherman ketika diwawancara di kantornya seputar pengembangan Bumdes di wilayah kerjanya, Senin (3/1/2022). Semua Bumdes di wilayah Kecamatan Kadudampit, kata Endang, memiliki peluang untuk maju dan berkembang asalkan pengelolanya mampu menggali potensi usaha secara kreatif dan inovatif.

“Semua harus diawali dengan perencanaan yang matang untuk menggali dan memanfaatkan potensi yang ada di desa. Jangan latah ikut-ikutan Bumdes di desa yang lain, percayalah pada potensi sendiri,” kata Endang.

Jika piawai menggali dan memanfaatkan potensi di desa, Bumdes dapat mencapai kemajuan yang tidak akan kalah oleh lembaga-lembaga usaha di perkotaan. Boleh saja tempatnya di desa, ujar dia, tetapi Bumdes memiliki prospek yang dapat bersaing dengan lembaga-lembaga usaha di kota.

“Dengan segala potensi yang dimiliki, Bumdes memiliki peluang dan prospek untuk menjadi lembaga usaha yang memiliki daya saing tinggi,” tuturnya.  

Kantor Kecamatan Kadudampit, lanjut camat, akan terus mendorong dan memberi kesempatan kepada Bumdes di semua desa untuk maju dan berkembang. Salah satunya mengikutsertakan pengelola Bumdes ke dalam pelatihan-pelatihan manajemen dan peningkatan kapasitas.

“Baru-baru ini  pengelola Bumdes di Desa Kadudampit, Desa Cikahuripan, dan Desa Muaradua mengikuti bimtek yang diselenggarakan akhir tahun lalu selama dua hari. Mudah-mudahan hasil dari bimtek tersebut dapat mendorong Bumdes di tiga desa tersebut menjadi maju dan terus berkembang,” ujar Endang.

Penekanan lainnya dari Camat Kadudampit adalah pentingnya Bumdes meningkatkan kerja sama antar desa sebagai mitra kerja. Bumdes harus siap memutar modal usaha yang berasal dari desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email