Wali Kota Izinkan Warga Nikmati Fasilitas Lapdek dan Alun-alun

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi bersama Sekda Dida Sembada dan Kepala Dinas PUTR Asep Irawan meninjau salah satu fasilitas di Lapangan Merdeka.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Proyek penataan terintegritas Alun-alun dan Lapangan Merdeka (Lapdek) sudah hampir rampung 100 persen. Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi menjamin, pada hari-hari pertama tahun 2022, warga sudah bisa menikmati sarana dan prasarana di Alun-alun dan Lapangan Merdeka.

banner 970x90

“Alhamdulillah pembangunan Alun-alun dan Lapangan Merdeka sudah hampir selesai 100 persen, hanya menyisakan pekerjaan finishing dan sedikit perbaikan. Mudah-mudahan setelah tahun baru, kedua fasilitas publik ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat,” kata Fahmi usai monitoring hasil pembangunan di Lapangan Merdeka, Kamis (30/12/2021).

Berdasarkan instruksi dari Kemendagri, Alun-alun dan Lapangan Merdeka tidak boleh digunakan untuk perayaan menyambut tahun baru. Warga yang akan merayakan pergantian tahun harus pergi jauh-jauh dari kedua tempat tersebut.

Selanjutnya untuk menjaga aset milik Pemkot Sukabumi itu, wali kota akan menyiapkan petugas khusus yang bertugas antara lain memberikan edukasi dan informasi terkait manfaat dan cara penggunaan beberapa fasilitas yang tidak bisa digunakan seenaknya.

“Kami siapkan petugas khusus untuk memberikan arahan dan edukasi seperti halnya tentang pemakaian sepatu khusus yang bisa digunakan pada trek lari,” ujar Fahmi.

Wali Kota juga meminta masyarakat ikut menjaga Alun-alun dan Lapangan  Merdeka yang saat ini kondisinya sudah sangat indah. Penjagaan khusus baik di Alun-alun maupun Lapangan Merdeka kemungkinan waktunya situasional, bisa juga sampai malam hari.

“Mungkin saja penjagaan di awal-awal bisa sampai malam hari, sifatnya situasional saja,” ucapnya.

Ke depannya Wali Kota juga akan menganggarkan dana untuk pemeliharaan dan perawatan di kedua lokasi tersebut. Di Lapangan Merdeka terdapat material khusus yang memerlukan biaya perawatan tidak sedikit.

Selain Alun-alun dan Lapang Merdeka, Fahmi juga menyampaikan fasilitas publik lainnya yang bisa dinikmati oleh masyarakat adalah jalur pedestrian di Jalan Ahmad Yani yang dijamin bisa memberikan suasana nyaman untuk pejalan kaki.

“Ada juga yang menjadi ikon hasil pembangunan pada tahun 2021 yakni Pasar Lembursitu yang dibangun dalam rangka mempercepat recovery ekonomi,” jelas Fahmi.

Dalam monitring itu, wali kota didampingi Sekda Kota Sukabumi, H. Dida Sembada dan Kepala Dinas pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Sukabumi, Asep Irawan. (*)

Print Friendly, PDF & Email