BIN Selenggarakan Vaksinasi Serempak di Desa Sagaranten

oleh -
Pelaksanaan vaksinasi di Posyandu Pasiripis di Desa Sagaranten, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan oleh BIN Daerah Jawa Barat.

Wartawan Suryana, S.E.

Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Barat menggelar vaksinasi massal di berbagai titik di pelosok Desa Sagaranten, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Kamis (30/12/2021). Tidak tanggung-tanggung, vaksinasi tersebut diselenggarakan di 7 posyandu dan satu titik di Kantor Desa Sagaranten.

banner 970x90

Salah seorang perwakilan dari BIN Daerah Jabar yang tidak bersedia dituliskan namanya menyebutkan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengejar target vaksinasi 70 persen di Desa Sagaranten. Dengan pencapaian target 70 persen, warga di Desa Sagaranten bisa membentuk herd immunity atau kekebalan komunal untuk menghentikan penyebaran Virus Corona.

“Pada vaksinasi hari ini, kami menargetkan 2.000 warga Desa Sagaranten mengikuti vaksinasi untuk dosis pertama dan dosis kedua di delapan titik lokasi vaksinasi,” kata petugas tersebut ketika ditemui di Kantor Desa Sagaranten.  

Vaksinasi, ujar dia, akan dilaksanakan sampai sore hari. Pada titik-titik tertentu, penyelenggara vaksinasi akan melakukan jemput bola secara door to door untuk warga yang tempat tinggalnya cukup jauh dari posyandu.  

Adapun titik-titik posyandu yang dijadikan tempat vaksinasi terdiri dari Cigadog, Pasiripis, Sindangpalay, Cimahi, Cibadak, Puncakceuri, dan Baros-Pasirlisung. Untuk Posyandu Cigadog ada dua titik, satu lagi di Balai Desa Sagaranten. Jadi semuanya ada 8 titik vaksinasi.

“Jarang-jarang ada kegiatan vaksinasi di satu desa sertentak di 8 titik,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan di tempat vaksinasi, para peserta dan penyelenggara menerapkan protokol kesehatan. Semuanya memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Para peserta vaksinasi juga menjalan tahapan skrining kesehatan dan observasi untuk diketahui KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Di delapan titik itu, jumlah tenaga kesehatan dan petugas pendukung yang dikerahkan mencapai 23 orang. Penanggung jawab pelaksanaan vaksinasi adalah dr. Nurvera Hayati dan dr. Widya Rizki Adzani. Tenaga kesehatan yang diterjunkan berasal dari kalangan mantri, dokter, dan bidan. Kegiatan vaksinasi itu dimonitor oleh Muspika Sagaranten. (*)

Para petugas vaksinasi di Balai Desa Sagaranten siap memberikan pelayanan vaksinasi kepada warga yang tinggal di sekitar balai desa.  

Print Friendly, PDF & Email