Kabupaten Sukabumi Masuk Nominator Penerima Penghargaan Ketenagakerjaan

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memaparkan program perlindungan sosial di Kabupaten Sukabumi secara virtual pada penilaian Paritrana Award tahun 2021.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Kabupaten Sukabumi masuk nominator penerima penghargaan di bidang perlindungan sosial tenaga kerja atau Paritrana Award 2021 tingkat Jawa Barat. Untuk itu Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memaparkan program dan kegiatan Pemkab Sukabumi terkait perlindungan sosial tenaga kerja secara virtual di Pendopo Sukabumi, Selasa (28/12/2021).

banner 970x90

Pemberian Paritrana Award 2021 tahun ini merupakan yang kelima kalinya. Kabupaten Sukabumi masuk nominasi dalam kategori pemerintah kota/kabupaten tingkat provinsi. Pemaparan yang disampaikan bupati itu merupakan bagian dari proses penilaian penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan. 

Bupati menyampaikan, pelindungan tenaga kerja menjadi salah satu perhatian penting bagi Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Maka dari itu, terdapat sejumlah peraturan bupati terkait pelindungan ketenagakerjaan.

Salah satu payung hukum perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan berbentuk peraturan bupati yaitu Peraturan Bupati Nomor 9 Tahun 2019 tentang Peningkatan Kepesertaan dan Kepatuhan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Kabupaten Sukabumi memiliki peraturan terkait besaran penghasilan tetap, tunjangan, dan jaminan sosial kepala desa, perangkat desa, penjabat kepala desa, sekretaris desa, PNS serta tunjangan anggota BPD, operasional BPD, intensif ketua RT dan ketua RW.

Perbup tersebut merupakan  implementasi dari Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,

“Pemkab Sukabumi telah memiliki Propemperda untuk memberikan jaminan pelindungan kepada masyarakat. Siapa pun yang jadi bupati nanti, dia harus menjalankan program ini.  Masyarakat harus terjamin pelindungannya sehingga mereka bisa bekerja dengan tenang dan hasilnya optimal,” tutur Marwan. (*)

Print Friendly, PDF & Email