Bupati Melantik 9 Pejabat Tinggi Pratama Setingkat Eselon IIb

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengambil sumpah jabatan sembilan orang yang akan menempati jabatan tinggi pratama setingkat kepala dinas, badan, dan Sekretaris DPRD serta 342 pejabat fungsional.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami melantik dan mengambil sumpah jabatan 9 pejabat pimpinan tinggi pratama setingkat eselon IIb dan 342 pejabat fungsional bertempat di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Rabu (29/12/2021).

banner 970x90

Salah satu pejabat yang dilantik adalah Ir. Toha Wildan Athoilah. Oleh bupati Toha dilantik menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sukabumi menggantikan Asep Abdul Wasit yang dimutasi menjadi Kepala Bappeda.

Pelantikan dilakukan secara hibrid dengan menerapkan protokol kesehatan, sebagian besar pejabat yang dilantik tidak hadir di Pendopo. Hanya pejabat eselon IIb  yang hadir secara langsung, sementara pejajat fungsional mengikuti pelantikan dari kantornya masing-masing secara virtual.

Sebelumnya 342 PNS fungsional yang dilantik mengemban jabatan administrasi. Setelah hadirnya Permen PAN & RB Nomor 17/2021, jabatan mereka menjadi fungsional.

Bupati mengatakan, penyetaraan jabatan administrasi ke fungsional sebagai bentuk penyederhanaan birokrasi untuk percepatan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, perubahan ini juga akan mendorong percepatan pembangunan.

“Dilihat dari perubahan ini, tak ada lagi sekat ketika mereka bekerja. Selama ini tersekat kestrukturan, namun sekarang para pejabat fungsional bisa memberikan pelayanan tanpa pembatas struktur,” kata bupati.

Sementara itu, pejabat eselon IIb yang dilantik merupakan orang-orang terpilih berdasarkan hasil seleksi. Mereka akan menempati posisi jabatan kepala dinas/badan yang selama ini kosong.

“Mereka telah mengikuti berbagai tahapan seleksi untuk mengisi kekosongan jabatan,” ucapnya.

Para PNS yang dilantik harus mampu menjawab persoalan dan tantangan zaman. Apalagi tugas yang diemban pasca pelantikan ini harus berkontribusi terhadap percepatan dan pembangunan di Kabupaten Sukabumi.

“Senantiasa pertahankan integritas, loyalitas, dan komitmen terhadap tugas serta tanggungjawab masing-masing. Para pejabat yang dilantik harus mampu mendongkrak terwujudnya visi-misi Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Bagi kepala perangkat daerah yang baru dilantik, H. Marwan meminta untuk tidak berleha-leha. Para kepala perangkat daerah ini harus menjemput bola dalam berbagai hal. Jangan nunggu bola, pejabat harus jemput bola. 

Daftar Pejabat Eselon IIb yang Dilantik  

1. H. Komarudin, S.E., M.Si. – Inspektur Kabupaten Sukabumi

2. Lina Evelin Marlina, S.I.P., M.M. – Sekretaris DPRD  

3. Ir. Toha Wildan Athoilah MT – Kepala BPKAD  

4. Drs. Tri Romadhono Suwardianto – Kepala Badan Kesbangpol  

5. Drs. Gun Gun Gunardi – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

6. Yulipri, S.T., M.T. – Kepala DPKUKM  

7. Sigit Widarmadi, S.E. – Kepala Dinas Pariwisata  

8. Drs. H. Eki Radiana Rizki, M.Si. – Kepala DP3A  

9. Ir. Asep Rahmat Mulyana, M.T. – Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang

Print Friendly, PDF & Email