Berkat Jalan Usaha Tani di Desa Cikarang, ke Kebun dan Sawah Bisa Naik Kendaraan

oleh -
Bentangan jalan usaha tani di Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi yang dibangun dengan pengerasan.

Wartawan Ari Dadan Ajo (Kang ADA)

Pembangunan jalan usaha tani berupa pengerasan dengan lapisan batu membawa keberkahan dan kemudahan bagi warga, khususnya petani di Kampung Cisarua, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. Dengan adanya pengerasan jalan tersebut, kini para petani bisa berangkat dan pulang ke sawah atau ke kebuh dengan naik kendaraan bermotor.

banner 970x90

Asalnya jalan yang dibangun itu berupa bentangan tanah merah tanpa pelapis. Asli tanah. Ketika musim kemarau, kondisi jalan dalam keadaan berdebu, renjul, dan berbatu-batu seperti selokan kehabisan air. Sementara pada musim hujan, bentangan jalan tersebut berubah manjadi jalan berlumpur, licin, dan berlubang-lubang.

“Kini jalan tersebut dibangun karena fungsinya sangat vital sebagai jalan usaha tani. Walaupun baru pengerasan dengan batu, belum diaspal, warga sudah dapat merasakan berkah dan manfaat dari pembangunan jalan ini,” kata Ketua Kelompok Tani (Poktan) Mulya Tani, Dedi, S.Pd. kepada wartawan, Senin (27/12/2021).

Poktan Mulya Tani berbasis di Kampung Cisarua. Jadi Dedi dan rekan-rekannya mengetahui persis manfaat dari peningkatan jalan usaha tani tersebut. Pembangunan jalan usaha tani itu dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) yang disalurkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi.

“Selama ini saya bersama pengurus dan anggota Poktan Mulya Tani terus berjuang untuk mendapatkan alokasi dana untuk membangun infrastruktur pertanian di desa kami,” ujar Dedi.

Dana yang diserap untuk membangun jalan usaha tani mencapai Rp190 juta. Volume pekerjaan mencapai panjang 865 meter dengan lebar 2,5 meter. Dedi yakin, kehadiran proyek pembangunan jalan usaha tani dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat, khususnya para petani.

“Karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, BPP, dan UPTD Pertanian yangh telah memperjuangkan proyek peningkatan jalan usaha tani di desa kami,” tuturnya.  

Satu satu anggota Poktan Mulya Tani menyampaikan syukur karena sekarang dia dapat bepergian ke sawah dan kebun sambil membawa sepeda motor. Perjalanan bisa lebih lancar dan pengangkutan hasil panen lebih lancar sehingga dapat menekan ongkos angkut. (*)

Tahapan pengerjaan pembuatan jembatan yang menjadikan jalan usaha tani di Kampung Cisarua, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog dapat dilewati kendaraan bermotor.

Print Friendly, PDF & Email