Sifatnya Terpuji, TKSK Kalibunder Ikuti Jejak Rasulullah

oleh -
TKSK Kalibunder Suryadi (paling kanan) selalu berkeliling desa untuk mendatangi KPM guna memastikan BPNT tersalurkan dengan baik dan benar kepada penerima bantuan.

Wartawan Ari Dadan Ajo (Kang ADA)

Tenaga Kesejahtraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kalibunder,  Kabupaten Sukabumi Suryadi patut dicontoh oleh para TKSK lainnya. Dalam melaksanakan tugas sosialnya dia mengutamakan akhlakul karimah dan sifat-sifat terpuji seperti amanah dan jujur.

banner 970x90

Suryadi selalu berupaya untuk mengikuti jejak Rasulullah dalam menjalankan tugas selaku tenaga pendamping dalam program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dan PKH (Program Keluarga Harapan). Berbekal sifat-sifat terpuji yang digenggamnya, dia sukses melaksanakan tugas sosial untuk meringankan warga yang membutuhkan uluran tangan.  

“Saya ingin memanusiakan manusia. Siapa pun mereka dan apapun status sosialnya, kita harus menghormati, menghargai, dan memuliakannya. Kebetulan saja mereka tidak seberuntung kita,” kata Suryadi kepada wartawan, Kamis (23/12/2021).

Bantuan yang disalurkan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) bukanlah miliknya, itu amanat dari pemerintah yang harus disalurkan kepada warga yang berhak menerimanya. Pelayanan yang diberikan haruslah cepat, tepat, dan akurat tanpa embel-embel adanya potongan dan proses administrasi  yang rumit.

“Bagi saya kepentingan warga lebih utama ketimbang pribadi dan kelompok tertentu. Bantuan harus disalurkan secara tepat waktu dan tepat jumlah. Jangan ada pengurangan dan pengunduran waktu,” ujarnya.

Dalam mengawal program BPNT tidak jarang Suryadi harus berkeliling desa untuk memastikan ketepatan dalam penyalurannya. BPNT haruslah disalurkan dengan baik dan benar mulai titik distribusi sampai KPM selaku pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Sementara itu seorang warga penerima manfaat yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, kinerja yang ditunjukkan Suryadi sangat luar biasa. Menurutnya, Suryadi sering bekerja di luar kapasitas dan tanggung jawabnya demi kelancaran penyaluran BPNT. Berkat tangan dinginnya, penyaluran bansos kepada warga penerima manfaat selalu lancar tanpa ada kendala apapun.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja Pak Suryadi. Dia amat gesit dalam menyelesaikan keluhan dari penerima bantuan,” kata warga tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email