Nuntut Kenaikan Upah Kerja, Karyawan PT CDB Unjuk Rasa

oleh -
Para buruh PT. CDB menggelar unjuk rasa untuk menyampaikan tuntutan kenaikan upah kerja kepada pihak manajemen perusahaan.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Ratusan pekerja dan karyawan PT. Cipta Dwi Busana (CDB) menggelar aksi unjuk rasa di depan lokasi pabrik di Jalan Raya Cidahu  Km 2 Desa Pondokkaso Tonggoh, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Dalam aksinya mereka menuntut dan menyuarakan kenaikan upah kerja kepada manajemen PT. CDB yang memproduksi garmen tersebut.

banner 970x90

Selama berunjuk rasa, para pekerja memenuhi halaman depan pabrik PT. CDB. Aksi digelar pada Selasa (21/12/2021). Mereka tak henti-hentinya meneriakkan tuntutan kenaikan upah. Selama ini mereka belum pernah menikmati kenaikan upah untuk memperbaiki derajat sosial ekonomi para pekerja. Para buruh mengatakan, tuntutan mereka bukanlah hal yang berlebihan karena masih dalam batas kewajaran.

Aksi dikoordinir oleh tokoh pergerakan buruh di PT CDB yakni Yudit dan Tri. Keduanya terus mengimbau rekan-rekannya agar fokus pada tuntutan unjuk rasa supaya dikabulkan oleh pihak perusahaan. Keduanya mengajak para buruh untuk menghindari tindakan anarkis yang dapat mencoreng aksi.  

Berdasarakan informasi yang beredar di kalangan karyawan, upah standar yang mereka terima saat ini besarnya mencapai Rp3.125.000. Para buruh mengajukan permintaan kenaikan upah menjadi Rp3.325.000 atau bertambah Rp200.000, naik sebesar 6,4 persen.

“Tuntutan ini masih dalam batas yang wajar mengingat harga barang-barang kebutuhan pokok terus naik. Coba lihat, harga minyak goreng terus naik,” kata salah seorang pekerja.

Rencananya ini hari, manajemen PT. CDB akan memberikan jawaban atas tuntutan para buruh tersebut. Salah seorang perwakilan dari manajemen menyampaikan hal tersebut di depan para pengunjuk rasa. Setelah mendapatkan jawaban seperti itu, para buruh membubarkan diri dan kembali bekerja di posnya masing-masing. (*)

Print Friendly, PDF & Email