Pemda Terus Mendorong Penguatan Kerja Sama Perikanan Level Nasional

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami meninjau kolam tempat pendederan ikan sidat di BBI Tonjong Palabuhanratu.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemkab Sukabumi akan terus mendorong penguatan kerja sama dan peningkatan mutu produksi perikanan berlevel nasional. Sebab Kabupaten Sukabumi dikenal sebagai tempat pembudiyaan ikan sidat terbaik dan terbesar di dunia, tepatnya  di muara Sungai Cimandiri.  

banner 970x90

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami ketika berkunjung ke lokasi demonstration site atau tempat pembudidayaan I-fish Food and Agriculture Organization (FAO) dan meresmikan unit pendederan (pengembangbiakan) sidat fi Balai Benih Ikan (BBI) Tonjong, Palabuhanratu, Kamis (16/12/2021).

Kehadiran unit pendederan sidat tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama pembudidayaan perikanan darat antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Pemkab Sukabumi. Pemda, ujar dia, menaruh perhatian yang sangat besar terhadap keberlangsungan usaha perikanan sidat.

Pada kunjungan itu Bupati Sukabumi melakukan penglepasan sidat di alur Sungai Tonjong.

“Selama ini kami terus melancarkan berbagi program pengembangan potensi ikan sidat melalui beberapa kegiatan antara lain pengadaan lahan untuk balai benih sidat, kajian habitasi ikan sidat, dan pemberdayaan masyarakat pesisir dalam usaha budi daya sidat,” kata Marwan. 

Program I-fish FAO, lanjut dia, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam implementasi proyek prioritas pemda untuk mendorong peningkatan kecakapan hidup dan pengembangan kewirausahaan dalam pembudidayaan ikan, termasuk ikan sidat.

Dengan kerja keras yang selama ini dilakukan, bupati mengharapkan  demosite sidat yang dibiayai oleh FAO ini menjadi percontohan cara budi daya glass eel. Selain itu BBI Tonjong dapat menjadi balai penyedia benih sidat bermutu tinggi untuk masyarakat pembudidaya sidat di Kabupaten Sukabumi. 

Sebelumnya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Sukabumi, Abdul Kodir menjelaskan, BBI Tonjong merupakan demplot percontohan pembesaran ikan sidat. (*)

Print Friendly, PDF & Email