Penuhi Harapan Warga, Desa Cipamingkis Operasikan Ambulans Desa

oleh -
Kepala Desa Cipamingkis Baden Supendi, ST. mengecek peralatan di dalam mobil ambulans desa.

Wartawan Ari Dadang Ajo (ADA)

Guna memenuhi harapan masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Cipamingkis, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi mengoperasikan mobil ambulans desa. Pengadaan fasilitas angkutan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan.

banner 970x90

Ambulans desa tersebut bukan mobil sembarangan, armadanya termasuk kendaraan papan tengah. Mereknya Suzuki jenis App atau mobil Jepang punya. Biaya pengadaannya yang berasal dari Dana Desa (DD) mencapai sebesar Rp215 juta. Mobil jenis ini dapat diandalkan ketahanan dan daya jelajah serta kapasitas angkutnya.

“Mobil ambulans ini penting sekali untuk melayani masyarakat desa kami khususnya yang tinggal di pelosok. Dengan mobil ambulans ini kami siap membantu warga desa  yang akan berobat ke rumah sakit atau mau melahirkan,” kata Kepala Desa Cipamingkis, Baden Supendi, S.T. kepada wartawan, Rabu (15/12/2021).

Bagian belakang mobil ambulans desa milik warga Desa Cipamingkis, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi.

Kades Baden mempersilakan warga Desa Cipamingkis yang membutuhkan sarana mobilitas ke rumah sakit atau fasilitas layanan kesehatan lainnya untuk menggunakan ambulans desa tersebut. Mobil ini akan siaga penuh setiap saat bersama pengemudinya.

“Sekarang masyarakat tidak akan kesulitan lagi mendapatkan sarana angkutan ke rumah sakit atau bidan. Walaupun tinggal di pelosok, warga desa kami dapat memperoleh pelayanan dari mobil ambulans desa,” tutur Baden.

Harapannya masyarakat ikut serta memelihara mobil ambulans tersebut agar selalu siap pakai dan dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang relatif lama. Mobil ini bukan milik perorangan, melainkan milik bersama untuk melayani kepentingan masyarakat secara keseluruhan. (*)  

Print Friendly, PDF & Email