Pemkab Sukabumi Terima Aneka Penghargaan dari Kemenkeu

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menerima penghargaan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat atas prestasi peraihan Opini WTP dan pengelolaan keuangan.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Atas prestasinya dalam pengelolaan keuangan dan pelaksanaan pembangunan, Pemkab Sukabumi menerima berbagai jenis penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

banner 970x90

Penghargaan-penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat Abdul Rahman kepada Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Pendopo Sukabumi, Selasa (14/12/2021).

Penghargaan yang diterima Pemkab Sukabumi merupakan prestasi atas peraihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI tahun 2020 dan peraihan Opini WTP lebih dari 5 kali berturut-turut. Selain itu penghargaan atas realisasi DAK fisik tertinggi triwulan ke III tahun 2021 dan pencapaian realisasi dana desa tertinggi triwulan III tahun 2021. 

“Kami sangat bangga bisa meraih Opini WTP llebih dari lima kali berturut-turut. Padahal infrastruktur kami pas-pasan. Kalau infrastruktur komunikasi 100 persen baik di Kabupaten Sukabumi, penataan keuangan dan administrasi lainnya bisa lebih baik lagi,” kata bupati setelah menerima penghargaan. 

Diterimanya penghargaan-penghargaan tersebut, ujar dia, merupakan bukti bahwa perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sukabumi dalam keadaan solid. Semua perangkat daerah dapat bekerja sama dengan baik. Kondisi tersebut dapat mendukung upaya penataan sistem komunikasi dan pengelolaan keuangan yang lebih baik. 

“Semangat yang telah dimiliki bisa meningkatkan kualitas penataan dan pengelolaan keuangan. Sehingga, Opini WTP bisa terus dipertahankan oleh Kabupaten Sukabumi,” tuturnya.

Sementara itu atas nama Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, Abdul Rahman mengatakan, Pemkab Sukabumi sudah tujuh kali berturut-turut meraih Opini WTP. Dengan demikian Pemkab Sukabumi berhak atas penghargaan raihan Opini WTP lebih dari lima kali berturut-turut.

“Jadi, selain dapat penghargaan Opini WTP tahun 2020, juga meraih plakat atas raihan Opini WTP lebih dari lima kali berturut-turut,” terangnnya.

Menurutnya, penghargaan ini jangan dijadikan tujuan. Namun, merupakan proses dalam pembuatan laporan yang lebih baik. (*) 

Print Friendly, PDF & Email