Bupati Apresiasi Semen Jawa untuk Program Pemberdayaan Lima Desa

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami (kiri) bersama Pimpinan PT SS dan PT TSS, Somchai Dumrongsil (kanan) meresmikan salah satu objek wisata di Karang Para, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemkab Sukabumi dan SCG (Siam Cement Group) yang terdiri dari PT. Semen Jawa (SJ) dan PT. Tambang Semen Sukabumi (TSS) membuat kesepakatan pemberdayaan lima desa yang sebagian wilayahnya termasuk area pabrik dan pertambangan semen tersebut. MoU tersebut diteken Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dan pimpinan PT SS dan PT TSS, Somchai Dumrongsil.

banner 970x90

Penandatanganan nota kesepahaman program pemberdayaan masyarakat di lima desa untuk tahun 2022 itu dilaksanakan di objek wisata alam Karangpara di Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/12/2021). 

Desa-desa yang dilibatkan dalam program pemberdayaan terdiri dari Desa Sirnaresmi dan Kebonmanggu di Kecamatan Gunugguruh, Desa Tanjungsari di Kecamatan Jampangtengah), Desa Wangunreja di Kecamatan Nyalindung, dan Desa Sukamaju di Kecamatan Cikembar. Adapun aspek-aspek pemberdayaan meliputi infrastruktur, ekonomi produktif, agama dan budaya, pendidikan, serta kesehatan.

Pada kesempatan itu Bupati Marwan menyatakan bangga dan berterima kasih atas terlaksananya nota kesepahaman antara SCG dan dan Pemkab Sukabumi. Dia mendorong pemberdayaan masyarakat melalui program coorporate social responsibility (CSR) harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pemerintahan desa.  

Desa-desa yang masuk dalam program pemberdayaan tersebut, ujar bupati, harus bisa lebih baik kemajuan dan pembangunannya. Pada kondisi saat ini pemberdayaan ekonomi mesti menjadi perhatian bersama, terutama pada masa dan pasca pandemi Covid-19.

“Pasca pandemi Covid-19 kita harus bisa melakukan terobosan dalam kebijakan. SCG ini bisa memberikan jalan dan terobosan,” ucapnya.

Mewakili PT SCG, Somchai Dumrongsil mengatakan, program pemberdayaan di lima desa dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat. Program ini sejalan juga dengan tujuan pembangunan yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Sukabumi 2021-2026.

“Penguatan sosial dan ekonomi menjadi prioritas dalam program pemberdayaan ini. Di antaranya melalui program satu desa satu produk sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM di lima desa,” jelasnya.

PT SCG, lanjut dia,  menjadi perusahaan pertama di Kabupaten Sukabumi yang mengintegrasikan program pemberdayaan masyarakat dengan rencana kerja pemdes, termasuk kerja sama dalam mengimplementasikannya.

Pada kesempatan itu dilaksanakan penyerahaan penghargaan anugerah desa terbaik 2021 dari SCG kepada Desa Wangunreja, Sukamaju, dan Kebonmanggu. Selain itu, dilakukan peresmian destinasi wisata baru di Karangpara. (*)

Print Friendly, PDF & Email