Selalu Bergandengan Tangan, Bhabinkamtibmas-Babinsa Munjul Monitoring Vaksinasi

oleh -
Babinsa Munjul Serda Edi Sukoyo dan Bhabinkamtibmas Desa Munjul Aipda M. Chusairi selalu sigap dan kompak untuk monitoring kegiatan vaksinasi Covid-19 di Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.
Salah seorang tenaga media yang diperbantukan pada kegiatan vaksinasi Covid-19 di Posyandu Melati 3 di Kampung Ciaripin, Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Kekompakan Babinsa Munjul Serda Edi Sukoyo dan Bhabinkamtibmas Desa Munjul Aipda M. Chusairi dalam memantau kegiatan di desa yang terletak di Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat itu patut mendapat acungan jempol.

banner 970x90

Betapa tidak keduanya bersama Kepala Desa Munjul Eman Sulaeman selalu kompak dalam monitoring kegiatan di desa termasuk vaksinasi Covid-19. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mencapai persentase vaksinasi 70 persen di Desa Munjul sampai akhir tahun 2021.

Pada Jumat, 10 Desember 2021, Serda Edi dan Aipda Chusairi melakukan monitoring kegiatan vaksinasi Covid-19 di Posyandu Melati 3 di Kampung Ciaripin RT 02  RW 08 Desa Munjul. Keduanya berada di lokasi dari awal sampai akhir kegiatan vaksinasi. Mereka memastikan dalam vaksinasi tersebut, protokol kesehatan (prokes) dijalankan dengan baik dan benar.  

Guna melancarkan vaksinasi, penyelenggara mendatangkan tim vaksinator dari Puskesmas Ciambar. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan sejak pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai.

Di tempat vaksinasi, Babinsa dan Bhabinkamtibmas tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan selama berada di tempat kegiatan. Serda Edi dan Aipda Chusairi turun langsung mengatur warga agar pelaksanaan vaksinasi dapar berjalan dengan lancar dan tertib.

Sasaran vaksinasi adalah masyarakat umum dan lansia dengan pembagian peserta berdasarkan kelompok umur 12 – 17 tahun, 18 – 60 tahun, dan di atas 60 tahun atau lansia.  

“Kagiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian dan percepatan vaksinasi di Kabupaten Sukabumi, khususnya di wilayah Kecamatan Ciambar. Kami telah memasang target 70 persen warga Desa Munjul tervaksinasi dalam mendukung pembentukan herd immunity,” ujar Serda Edi.  

Berdasarkan pantauan di tempat kegiatan, semua peserta vaksinasi dan penyelenggara memakai masker, mencuci tangan, dan menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke tempat vaksinasi. Para peserta juga menjaga jarak ketika berada di dalam antrean dan mengikuti skrining kesehatan oleh tim vaksinator. Semua peserta diharuskan mengikuti skirining kesehatan.  

“Jumlah peserta vaksinasi cukup tinggi. Hal ini merupakan bukti masyarakat di wilayah Desa Munjul mendukung program vaksinasi,” kata Aipda Chusairi.   

“Kami mengimbau seluruh masyarakat untuk mensukseskan penanganan Covid-19 dengan mendatangi dan mengikuti vaksinasi. Setelah melakukan vaksinasi, tetap laksanakan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas agar mata rantai penyebaran Covid-19 bisa segera terputus,” tambahnya.

Di lokasi vaksinasi, salah seorang warga yang tinggal di sekitar Posyandu Melati 3 Asep mengatakan, kesadaran masyarakat termasuk di lingkungan kampungnya terhadap vaksinasi semakin meningkat. Mudah-mudahan, kata dia, dengan kesadaran itu, target pemerintah untuk membentuk kekebalan komunal bisa segera terwujud. (*)

Print Friendly, PDF & Email