Kabupaten Sukabumi dan Kota Bogor Kerja Sama Pasokan Pangan

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman dan Sekda Kota Bogor Hj. Syarifah Sofiah Dwikorawati menandatangani kerja sama antar kedua daerah untuk pasokan pangan dan pariwisata.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemerintah Kabupaten Sukabumi membuat kesepakatan kerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor dalam bidang pasokan pangan. Kerja sama juga akan diperluas di sektor pariwisata dan jasa kuliner.

banner 970x90

Kesepakatan kerja sama ditandatangani Sekda Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman dan Sekda Kota Bogor Hj. Syarifah Sofiah Dwikorawati di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Jumat, 10 Desember 2021. Penandatanganan kerja sama bertujuan untuk meningkatkan akselerasi kerja sama antar kedua daerah.

Dalam keterangannya, Sekda Kota Bogor mengatakan, kerja sama dengan Kabupaten Sukabumi merupakan langkah yang sangat strategis. Pihaknya bisa melakukan kerja sama di berbagai bidang dan sektor dengan Kabupaten Sukabumi.

“Hal yang paling penting saat ini adalah pasokan pangan ke Kota Bogor dari Kabupaten Sukabumi. Sumber produksi pangan di Kota Bogor sangat terbatas sementara warganya terus bertambah. Kami tak punya lahan yang melimpah. Dalam pemenuhan pangan, kami memerlukan jaringan dan kerja sama dengan banyak pihak, khususnya Kabupaten Sukabumi,” ucap Syarifah.  

Oleh karena itu, kehadirannya ke Kabupaten Sukabumi, dirinya mengajak Perumda Pasar.  Hal itu untuk menindaklanjuti kerja sama secara business to business dengan Perumda Agro Kabupaten Sukabumi. Kerja sama kedua perumda tersebut bisa lebih teknis lagi.  

Ke depan bisa menjalin kerja sama pariwisata. Kabupaten Sukabumi memiliki banyak sekali objek wisata alaman, sedangkan Kota Bogor lebih banyak pariwisata jasa dan kuliner. 

“Kami harapkan kerja sama ini bisa terus ditindaklanjuti dengan pimpinan daerah masing-masing. Bahkan bila perlu, Pemkab Sukabumi berkunjung ke Kota Bogor,” tuturnya.

Di tempat yang sama Sekda Ade mengatakan, wilayah Kabupaten Sukabumi  memiliki banyak potensi, baik pariwisata, pertanian, peternakan, hingga perikanan.  Selain itu, Pemkab Sukabumi memiliki perumda yang dapat menggali potensi-potensi tersebut. Perumda-perumda tersebut dapat mendukung realisasi dari kerja sama yang telah disepakati.  

“Peternakan di Kabupaten Sukabumi menopang kebutuhan Jakarta. Beras juga banyak, bisa kita suplai ke Bogor,” ujar Ade.

Setelah penandatanganan oleh dua sekda, kata dia, kerja sama bisa ditindaklanjuti secara teknis oleh perangkat daerah terkait.  Atas nama Pemkab Sukabumi, Ade mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Bogor yang telah mengadakan muhibah. (*)

Print Friendly, PDF & Email