Pemkab Sukabumi Operasikan Ambulans dengan Fasilitas Alat Kesehatan Modern

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami meninjau ambulans yang dilengkapi alat kesehatan modern untuk mengangkut pasien khusus seperti pengidap gangguan jantung.

Wartawan Joko Samudro  Suroboyo

Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus meningkatkan pelayanan kesehatan untuk menaikkan derajat kesehatan masyarakat. Kali ini pemda akan mengoperasikan fasilitas kesehatan berupa ambulans yang dilengkapi fasilitas berupa alat kesehatan dan kedokteran modern di dalamnya.

banner 970x90

Peresmian ambulans modern tersebut dipimpin Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/12/2021). Bupati mengatakan, dalam pelayanannya masyarakat umum pun bisa menggunakan fasilitas ambulans tersebut.

“Meskipun peruntukannya untuk pelayanan tindakan khusus, masyarakat yang membutuhkan rujukan dengan penanganan khusus bisa menggunakannya,” kata bupati. 

Sampai sekarang, Pemkab Sukabumi baru memiliki satu unit ambulans dengan fasilitas lengkap seperti itu. Ke depan, pemda akan terus memperbanyak ambulans yang dilengkapi alat kedokteran modern. 

“Sekarang baru satu, nanti menyusul yang lain ke depannya. Target awal minimal satu wilayah satu unit. Apalagi rumah sakit di daerah pariwisata harus memiliki ambulans seperti ini karena sangat diperlukan dalam memberikan penanganan dan tindakan yang cepat terhadap pasien khusus,” kata Marwan. 

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi dr. Rika Mutiara mengatakan, ambulans ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, bisa untuk penanganan pasien berpenyakit jantung. Di dalamnya ada ventilator udara dan alat pemicu jantung.

“Pasien dengan penyakit gangguan jantung bisa dibawa sekaligus ditangani dari ambulans ini. Selain itu, mobil ini bisa menangani pasien dengan berbagai kondisi lainnya,” ujar Rika.

Selain itu ambulans dilengkapi dengan alat pemantau pasien termasuk kamera untuk berkomunikasi dengan dokter. Jadi dokter bisa memantau kondisi pasien selama perjalanan ke rumah sakit. Rencananya ambulans tersebut akan disiagakan di Palabuhanratu. (*)

Print Friendly, PDF & Email