Pemda Mendukung Program BNN untuk Optimalkan P4GN Tingkat Kecamatan

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman (tengah) bersama Kepala BNN Kabupaten Sukabumi Dr (Cand) M Retno Daru Dewi, AMK., S.Psi., M.Si. (kanan) pada rakor pembentukan Tim Terpadu P4GN tingkat kecamatan.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Tim Terpadu Pencegahan Pemberantas Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) tingkat kecamatan. Rakor yang dibuka oleh Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman ini diselenggarakan  di Hotel Pangrango Sukabumi, Kamis ( 9/12/2021).

banner 970x90

Pada rakor itu tampak hadir perwakilan camat yang bertugas di wilayah Kabupaten Sukabumi. Dalam sambutannya, Kepala BNNK Sukabumi Dr (Cand) M Retno Daru Dewi, AMK., S.Psi., M.Si. mengatakan, rakor tersebut bertujuan untuk mendukung implemetasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GN. 

“Berdasarkan peraturan tersebut, kami mendorong kembali Tim Terpadu P4GN tingkat kecamatan. Diharapkan dengan adanya optimalisasi gerakan Tim Terpadu P4GN tingkat kecamatan akan terjadi sinergitas yang terpadu di antara para stakeholder,” kata Retno.

Tim Terpadu P4GN, ujar dia, juga untuk mengoptimalkan semua potensi dan Rencana Aksi Daerah dalam gerakan P4GN. Hal ini menyangkut personel, anggaran, perlengkapan, termasuk motede di bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat untuk rehabilitasi dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba. 

Sementara itu, Sekda Ade mengatakan, perkembangan peredaran dan penyalahgunaan narkoba saat ini telah mencapai situasai yang sangat mengkhawatirkan. Korban penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Indonesia semakin terus bertambah. Pemkab Sukabumi, kata dia, mendukung program BNN untuk mengoptimalkan tim terpadu P4GN tingkat kecamatan.  

“Maka menjadi langkah  tepat ketika pemerintah mengeluarkan maklumat “perang melawan narkoba” karena negara Indonesia saat ini sudah menjadi sasaran penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” ujar sekda. 

Sekda berharap seluruh peserta dapat menyerap ide besar yang di sampikan BNN dalam memberantas narkoba serta mengimplementasikan gagasan  tersebut di lapangan

Pada acara itu dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan Rektor Universitas Muhammadiyah atas upaya mewujudkan lingkungan pendidikan yang Bersinar (bersih dari narkoba).

Selain itu dilakukan penyematan rompi BNN kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi dan perwakilan camat. (*)

Print Friendly, PDF & Email