Pemkab Sukabumi Meraih Penghargaan Meritokrasi dari KASN

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri (kanan) menerima penghargaan meritokrasi dari KASN.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemerintah Kabupaten Sukabumi meraih anugerah meritokrasi tahun 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan predikat baik. Penghargaan tersebut untuk penilaian sistem merit  atau kepantasan pegawai dalam kategori instansi pemerintah pada tingkat kabupaten.

banner 970x90

Anugerah itu diterima langsung Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri di Surabaya, Selasa (7/12/2021). Setelah menerima penghargaan, Iyos mengatakan, anugerah yang diterima Pemkab Sukabumi itu hendaknya dapat dijadikan motivasi oleh para pegawai untuk terus meningkatkan kinerja.

“Kami bersyukur atas peraihan penghargaan untuk Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendapatkan predikat baik. Ini bukti ASN di Pemkab Sukabumi menuju profesional melalui peningkatan kinerja yang terus membaik,” kata wabup.

Sementara dalam arahannya secara virtual Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin mengatakan, ASN di Indonesia menjalankan tiga fungsi penting yaitu sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ketiga fungsi penting tersebut dapat terlaksana dengan baik, salah satunya melalui penerapan meritokrasi pada manajemen ASN berbasis pada transparansi dan objektivitas serta mengedepankan kompetensi, prestasi, dan kinerja individu,” ujar Wapres.

Oleh karena itu, ujar dia, sistem merit harus dijalankan secara konsisten untuk mengakselerasi tercapainya transformasi ASN Indonesia yang merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai reformasi birokrasi.

“Sistem merit harus diterapkan secara konsisten, mulai dari proses rekrutmen ASN, penggajian dan reward, pengukuran kinerja, promosi jabatan, hingga pengawasan,” ujarnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email